Panduang Lengkap Menggunakan VPN di Android secara Manual

Cara Menggunakan VPN di Android

Cara Menggunakan VPN di Android – IP atau Internet Protocol bisa disebut juga dengan wajah dari pengguna internet meskipun hanya sekedar dalam jaringan internet. Namun ada kalanya kita tidak ingin kalau wajah kita sampai dikenali, sehingga kita berusaha untuk menyembunyikannya. Sebagaimana bahasan artikel kali ini yaitu VPN. Virtual Private Netwrok atau yang biasa dikenal dengan VPN sering kali disalah artikan sebagai sebuah aplikasi. Padahal sebenarnya VPN sendiri lebih dominan bila disebut sebagai suatu pengalihan server serta IP. Namun pengertian sebenarnya dari VPN ini sering kali salah, sehingga fitur VPN yang merupakan bawaan dari setiap Android tidak pernah dipergunakan dan malah beralih pada aplikasi yang tertaut secara otomatis pada VPN.

Aplikasi yang tertaut pada VPN berbeda dengan fitur VPN yang ada di android. Dimana dengan menggunakan fitur bawaan yang ada, maka kecepatan akses lebih tinggi bila dibandingkan dengan VPN berbentuk aplikasi. Namun penggunaan aplikasi VPN sudah menjadi kebiasaan bagi pengguna android sehingga tidak memaksimalkan fitur yang ada. Maka dari itu marilah kita menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan mengikuti hingga tuntas pembahasan artikel berikut ini.

Cara Menambahkan VPN di Android secara Manual

Disebut manual karena kita disini tidak perlu menggunakan aplikasi lagi agar bisa menikmati VPN. Secara umumnya menggunakan fitur VPN bawaan pada android kita harus membuat akun VPN terlebih dahulu yang proses pembuatan juga lumayan ribet. Sehingga saya tidak merekomendasikan pembaca sekalian untuk melakukannya. Maka dari itulah disini kita memberikan alternatif lain yang bisa kalian pergunakan, dimana untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut.

Pertama kalian harus mencari akun VPN, buka membuat. Perlu kalian garis bawahi disini, kita tidak perlu membuat hanya mencari di situs penyedia akun vpn gratis yang sudah ada dan bisa langsung digunakan. Mencari sebuah akun VPN kalian harus mendapatkan 3 hal penting dari akun tersebut, yaitu alamat server, username serta password. Setelah kalian memperoleh akun tersebut, maka kalian bisa ikuti langkah berikutnya.

Buka menu pengaturan pada android kalian dan masuk pada pengaturan “Nirkabel & Jaringan” lalu pilih “Lainnya…”. Untuk tiap android tergantung pada merk dan tipe namun pada umumnya yaitu sebagaimana contoh gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan VPN di Android Step 1

Berikutnya pilih VPN untuk memulai memasukkan akun VPN-nya. Step ini terjadi bila android kalian mempunyai akun VPN. Lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar.

Cara Menggunakan VPN di Android Step 2

Selanjutnya lanjutkan dengan mengikuti contoh pada gambar dibawah, yaitu dengan memilih “Tambah VPN”. Baru kemudian kalian akan masuk pada menu berikutnya.

Cara Menggunakan VPN di Android Step 3

Tampilan dari gambar juga merupakan tempat dari akun VPN yang nantinya kalian tambahkan. Hanya saja untuk android yang belum memiliki akun VPN, maka akan terlihat seperti pada gambar diatas. Selanjutnya setelah kalian memilih sebagaimana arahan gambar diatas maka kalian akan diarahkan pada menu pengisian data dari ID Akun VPN. Pada menu tersebut ada beberapa kolom, seperti kolom nama, alamat server, username dan password. Untuk kolom yang berisi Jenis seting menjadi “PPTP”, dimana untuk jelasnya kalian bisa perhatikan gambar berikut ini.

Cara Menggunakan VPN di Android Step 4

Berikutnya masukkan data akun VPN yang sudah kalian dapatkan sebelumnya mulai alamat server, username dan kata sandi. Sementara untuk nama pada kolom paling atas kalian bisa mengisinya secara bebas. Setelah terisi semua kolomnya jangan lupa untuk memilih tanda centang dipojok kanan atas untuk menyimpannya.

Terakhir kalian cukup memposisikan VPN pada posisi ON dan tunggu hingga proses connecting jaringan Android kalian dengan server dari akun VPN tersebut bisa terhubung, seperti contoh gambar berikut.

Cara Menggunakan VPN di Android Step 5

Terdapat notif “Terhubung” yang artinya VPN berhasil dipasang dan sudah bisa digunakan. Kemudian sedikit tambahan bila ternyata proses connecting ternyata “Gagal”, maka kalian perlu mencari akun VPN lain dengan alamat server yang berbeda.

Catatan :

Penjelasan berupa contoh gambar yang ada diatas merupaka dari Smartphone Xiaomi, sehingga untuk android dengan merk berbeda mungkin akan ada sedikit perbedaan. Namun untuk cara yang ada dijamin terbukti keberhasilannya.
Baca Juga Tips n Trik Android atau Smartphone

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Menggunakan VPN di Android ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian, lalu silahkan dicoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *