Mengetahui Penyebab dan Cara Atasi Hardisk Rusak

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Cara Memperbaiki Harddisk Rusak – HDD atau yang biasa disebut dengan harddisk merupakan salah satu komponen pada PC. Dimana funsgi daripada harddisk tidak lain adalah tempat penyimpanan data sekaligus tempat data system windows disimpan. Sehingga suatu PC tidak akan berfungsi bila tanpa harddisk. Bahkan meskipun harddisk sudah terpasang namun ada masalah harddisk tersebut, maka kinerja sistem pada PC sudah pasti bermasalah. Seperti halnya ketika kinerja PC lemot, harddisk bisa jadi menjadi penyebab hal itu. Sehingga perlu adanya penanganan terhadapa masalah yang sering menjangkit harddisk, sebagaimana artikel yang akan kita bahas kali ini.

Pembaca sekalian mengalami kasus demikian seperti computer lemot, gagal booting (Disk Failure), dll. Maka jangan kemana – mana dan lanjutkan hingga tuntas pembahasan artikel berikut ini.

Penyebab Hardisk Rusak

Penyebab Kerusakan Pada Harddisk

Sebelum masuk pada cara penanganan hardisk yang rusak, wajib kita mengetahui penyebab kerusakan suatu harddisk agar bisa mendiagnosa cara penanganannya. Karena dengan diagnose kerusakan yang benar maka kita bisa melakukan penanganan yang sesuai juga. Seperti contoh penyebab kerusakan berikut ini.

Over Heat Karena Penggunaan Berlebihan

Over heat adalah suatu kondisi dimana perangkat elektronik khususnya pada bagian logam mengalami perubahan kimia dari listrik menjadi kalor (panas). Meskipun sebenarnya hal ini sudah diantisipasi dengan adanya penambahan fan sebagai penyetabil suhu komponen tersebut. Namun karena penggunaan yang over sehingga fan tidak mampu untuk menyetabilkan suhu panas tersebut, maka akan berdampak pada komponen tersebut. Sama halnya dengan kasus yang bisa dialami oleh harddisk.

Terjatuh atau Terkena Benturan

Harddisk adalah komponen penting dari PC yang berisi disk atau cakram yang posisi perakitannya sudah presisi dan sangat sensitive. Sehingga tidak boleh sampai mengalami goncangan, untuk menjaga kualitasnya.

Install Ulang Sistem Terlalu Sering

Proses installasi sistem operasi windows, sangat membani kerja harddisk. Karena itu, ada batasan tertentu yang harus kita ketahui untuk melakukan instalasi ulang windows pada satu harddisk.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan listrik juga sangat berpengaruh, tidak hanya pada harddisk tapi pda semua perangkat elektronik khususnya untuk komponen DC (Arus searah). Sehingga dengan tegangan stabil komponen elektronik akan lebih bertahan lama.

PC Sering Mati Mendadak

PC sering mati secara mendadak juga sangat berpengaruh pada komponen cakram dalam perangkat harddisk. Gambarannya ketika komponen harddisk sedang proses kemudian mati secara tiba – tiba, maka kinerja hardisk akan mengalami penurunan kinerja secara berkala hingga akhirnya rusak.

Faktor Usia

Terakhir adalah faktor usia, yang merupakan hal paten tidak hanya bagi perangkat eletronik tapi juga bagi manusia. Ini merupakan hal wajar yang harus dimaklumi untuk usia pemakaian yang sudah lama sudah semestinya kalau harddisk akan mengalami kerusakan.

Cara Mengatasi Hardisk Rusak

Cara Mengatasi hardisk rusak berdasarkan penyebab kerusakannya bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Sebagaimana yang akan kita jelaskan pada lanjutan artikel berikut ini.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector

Harddisk yang mengalami bad sector biasanya terdapat error yang dialami secara langsung oleh Komputer seperti harddisk tidak terdeteksi.  Dimana untuk kerusakan sejenis ini biasanya terbagi menjadi 2 macam yaitu Bad Sector Lagic dan Bad Sector Fisic. Bad Sector Logic adalah kerusakan pada hdd yang masih bisa ditangani menggunakan software dan bad sector fisic adalah kerusakan pada hardisk yang terdapat pada bagian komponennya. Sehingga untuk penangan kerusakan yang demikian kalian harus melakukan persiapan sebagaimana penjelasan dibawah ini.

  • Pertama, lepas hardisk yang bermasalah tadi dan mulai mendiagnosa kerusakan hdd tadi termasuk jenis yang mana antara logic atau fisic. Sehingga kita bisa melakukan perbaikan secara logic dulu.
  • Berikutnya siapkan PC lain yang normal untuk mengecek hdd ini. Jadi nantiny akan ada 2 HDD pada satu PC.
  • Kemudian format hdd yang rusak tersebut menggunakan software yang bisa sekaligus untuk mempartisi hdd atau bisa juga melakukan format dan partisi secara manual melalui PC.
  • Setelah proses Format dan partisi selesa lihat hasil yang didapatkan, apakah atau tidak. Bila tidak ada perubahan pada hdd, maka sudah dipastikan bahwa hdd tersebut rusak pada bagian komponen (Bad Sector Fisic)

Harddisk Bad Sector

Cara Perbaiki Harddisk Boot Failure (Gagal Booting)

Kasus gagal booting, bermacam – macam penyebabnya. Bisa karena adanya masalah sistem operasi windowsnya, terdapat masalah pada komponen lainnya, atau siettingan BIOS-nya. Sehingga penanganannya juga bervariasi juga. Jadi untuk memastikan hal tersebut, kalin bisa mengikuti petunjuk berikut ini.

  • Pertama, Lakukan pengecekan pada sambungan soket antara hdd dan motherboard. Kemungkinan terdapat soket yang kurang terpasang sehingga terjadi hal ini.
  • Jika tidak terdapat ada masalah maka selanjutnya periksa setingan booting pada pengaturan BIOS PC kalian.
  • Berikutnya jika tidak ditemukan kedua masalah seperti diatas tadi, maka kemungkinan terakhir adalah data windows yang kalian install korup dan perlu melakukan install ulang windows.

Harddisk Gagal Booting (Boot Failure )

Catatan :

Dari dua Cara mengatasi Harddisk diatas, merupakan cara atasi hdd rusak secara basic saja. Sementara untuk kerusakan secara fisik, secara pribadi kita tidak memberikan ulasanya. Karena fisik hdd yang sudah mengalami kerusakan meskipun sudah dilakukan perbaikan tidak akan bertahan lama. Sehingga bila terjadi kerusakan pada bagian komponennya, solusi terbaik adalah dengan mengganti dengan harddisk baru.

Demikianlah artikel yang membahas cara memperbaiki harddisk rusak ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *