Mengetahui Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Laptop Mati Sendiri – Mati yang dimaksudkan disini bukanlah mati ketika laptop sudah tidak digunakan sehingga secara otomatis sistem akan melakukan Sleep, melainkan mati yang penyebab kematiannya bukan merupakan karena suatu hal yang wajar. Sehingga hal ini bisa menjadi sebuah masalah tersendiri bagi pembaca sekalian yang mengalami kasus demikian. Penyebab dari matinya Laptop secara tiba – tiba itu bermacam – macam tergantung pada ciri – ciri atau karakteristik yang ada pada laptop itu ketika mati.

Dengan mengetahui faktor penyebab matinya laptop yang bermacam – macam, maka dari itu pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk mengulas beberapa faktor penyebabnya yang kemungkinan juga terjadi pada laptop kalian. Dalam ulasan artikel ini saya mengelompokkan penyebab matinya laptop ini menjadi 3 bagian. Dimana untuk penjelasan yang lebih lanjut silahkan disimak lanjutan artikel berikut ini.

3 Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri

Sebagaimana judul dari sub bahasannya, maka aka nada 3 pengelompokan faktor penyebab laptop mati. Dimana untuk setiap pengelompokannya saya akan menjabarkannya lagi. Adapun pengelompokan yang saya maksudkan yaitu sebagai berikut :

  1. Overheat atau Kelebihan Panas
  2. Kerusakan Pada Komponen
  3. Ketidaksesuaian Pemakaian

Dari 3 faktor diatas, saya akan membahas lagi secara lebih spesifik untuk tiap pembagiannya. Seperti halnya pada faktor pertama yaitu Overheat atau kelebihan panas. Dimana Overheat sendiri adalah faktor yang bisa beraneka ragam penyebabnya sehingga perlu diperinci lagi agar menjadi lebih jelas. Adapun untuk penjabaran dari 3 pengelompokan faktor yaitu sebagai berikut.

Overheat

Kelebihan panas atau overheat adalah salah satu faktor penyebab laptop mati sendiri. Meskipun pada dasarnya untuk overheat ini, matinya laptop merupakan pengaman otomatis yang ada pada laptop saat kelebihan panas. Hanya saja yang menjadi masalah adalah ketika kita menggunakan laptop untuk pemakaian yang standar namun bisa menyebabkan overheat sementara harusnya hal itu tidak terjadi. Baiklah disini ada 2 hal yang biasanya menyebabkan laptop mengalami overheat.

Fan Kotor

Fan pada Laptop berperan sebagai pembantu proses pendingin sehingga menjaga suhu laptop tetap stabil. Cara kerja fan tersebut adalah membuang panas kerja dari mainboard atau motherboard dengan meniupnya keluar melewati lubang sirkulasi. Sehingga bila fan atau lubang sirkulasinya kotor maka panas dari dalam tidak terbuang dan menyebabkan overheat yang akhirnya laptop mati. Penyebab dari lubang sirkulasi dan fan yang kotor biasa terjadi karena cara pengguna laptop.

Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri 1

Berdasarkan panduan pemakaiannya Laptop harus digunakan pada alas yang padat seperti meja atau lantai. Karena dengan penempatan laptop pada alas yang padat sehingga ada tumpuan serta ruang untuk sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh fan untuk membuang panas dari motherboard. Sehingga untuk cara pencegahannya adalah dengan tidak menggunakan laptop pada alas yang empuk seperti Kasur, bantal, sofa, dsb.

Pasta Prosessor Kering

Berikutnya adalah pasta prosessor yang kering, dimana keringnya pasta prosessor juga bisa menyebabkan overheat pada laptop. Prosessor sendiri juga dilengkapi dengan sensor panas untuk mencegah kerusakan pada prosessor ketika kelebihan panas. Sehingga ketika ketika prosessor mengalami overheat maka secara otomatis motherboard akan menghentikan kinerja prosessor sehingga laptop juga mati.

Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri 2

Cara kerja dari pasta prosessor sendiri adalah sebagai penghantar panas dari prosessor dan dihantarkan pada heatsink. Heatsink disini adalah logam jenis alumunium yang bisa menyerap panas yang kemudian dibuang oleh fan. Sehingga bahasan sebelumnya dengan bahasan ini masih berhubungan, karena penyebab awal dari pasta yang kering diakibatkan karena sirkulasi udara yang terhambat oleh kotoran. Jadi hal perlu diperhatikan adalah pad acara pemakaiannya.

Kerusakan Pada Komponen

Komponen pada laptop atau yang sering kita kenal dengan istilah hardware yaitu perangkat keras dari PC. Hardware sendiri adalah komponen yang termasuk bagian primer atau utama dari sebuah PC. Sehingga bila terjadi kerusakan pada salah satu komponennya, maka harus segera ditangani agar tidak terjadi kerusakan pada komponen yang lain. Beberapa kerusakan komponen yang umumnya sering dialami oleh laptop sehingga menyebabkan laptop mati sendiri adalah sebagai berikut.

Tegangan Charger Tidak Stabil

Tegangan Charger tidak stabil maksudnya adalah output tegangan yang dihasilkan oleh charger untuk mengsupply power laptop naik turun atau tidak stabil. Dalam kasus ini, bila charger sudah mengalami yang demikian maka akan berakibat pada batterai laptop, IC charge, bahkan bisa sampai IC power sehingga berakibat laptop bisa sering mati sendiri dan akhirnya mati total.

RAM Berkerak

Ram Berkerak disini maksudnya yaitu pin pada RAM yang berkerak. Pin yang berkerak bisa menyebabkan laptop mati sendiri. Logisnya adalah karena RAM adalah penunjang dari kinerja operasi sistem pada PC, sementara bila ada cacat pada RAM maka kinerja pada sistem operasi tentunya berpengaruh seperti halnya laptop yang mati sendiri.

Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri 3

Pin RAM berkerak berarti ada lapisan yang mencegah pin RAM terhubung pada slot RAM itu sendiri. Sehingga bila sudah demikian maka wajar bila dampaknya laptop mati dengan sendirinya atau mungkin tidak bisa booting dan lain sebagainya.

Motherboard Bermasalah

Selanjutnya adalah permasalahan pada motherbboard atau mainboard yang merupakan inti dari pada PC. Sehingga bisa dibilang permasalahan ini adalah permasalahan yang paling harus dihindari agar tidak sampai terjadi. Mengingat harga motherboard sendiri yang terbilang lumayan mahal. Kemudian untuk Permasalahan pada motherboard sendiri, itu bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu masalah secara fisik dan multitasking.

Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri 4

Permasalahan yang bersifat fisik adalah kerusakan yang terjadi pada bagian komponennya, sehingga bila kalian hal ini jalan satu – satunya adalah dengan membawa PC kalian pada Teknisi PC yang khusus perbaiki motherboard. Kemudian untuk yang Multitasking adalah permasalah yang terjadi pada motherboard karena penggunaan atau penggantian dari komponen yang tidak sesuai. Seperti contoh peng-upgrade-an RAM yang tidak dipastikan terlebih dahulu kesesuaian tipenya sehingga menyebabkan masalah pada motherboard.

Ketidaksesuaian Pemakaian

Ketidaksesuaian yang dimaksud disini adalah ketidaksesuaian antara pemakaian dengan fungsi dasar laptop itu sendiri. Spesifikasi PC standart untuk pemakaian yang sebangsa PC dengan spesifikasi tinggi seperti gamming atau editing. Laptop yang memiliki spesifikasi standar maka fungsi dasar yang dimilikinya juga untuk pemakaian yang standar begitu pula dengan laptop spesifikasi tinggi. Sehingga wajar bila terjadi masalah pada laptop kalian seperti mati sendiri karena mungkin saja pelanggaran atas ketidaksesuaian yang telah pembaca sekalian lakukan.

Demikianlah artiikel yang membahas tentang Faktor Penyebab Laptop Mati Sendiri ini. Mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Selamat mecoba dan semoga berhasil. Baca Juga Tips n Trik Seputar Komputer atau Laptop. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *