Cara Tepat untuk Partisi SD Card

Cara Partisi SD Card

Cara Partisi SD Card – Bahasan kali ini kita fokus pada peningkatan kinerja android bagi kalian yang suka mengoprak android. Dimana kinerja dari performa android sendiri memiliki beberapa faktor penentu, seperti dari jenis prosesor, Chipset, serta besar kapasitas RAM dan ROM yang digunakan. Dari beberapa faktor tadi kita akan mengangkat bahasan cara partisi SD card, yang berhubungan dengan salah satu dari beberapa faktor tersebut yaitu antara ROM dan RAM. SD Card sendiri juga terbagi menjadi beberapa tipe dan kelas masing – masing menyesuaikan dengan merk dan harga tentunya. Untuk kelas dari SD Card yang dimaksudkan adalah kecepatan transfer data, sehingga untuk kelas yang tinggi tentunya berbeda dengan kelas dibawahnya. Dimana untuk android, jenis SD Card yang digunakan adalah jenis terkecil dari SD Card yaitu Micro SD.

Sebagai Perangkat penyimpanan tambahan pada hampir tiap barang elektronik seperti kamera, laptop hingga smartphone. SD Card juga memiliki fungsi lain untuk penggunaan pada android, dimana dengan adanya tambahan micro sd selain memberikan kapasitas tambahan pada media penyimpanannya ternyata juga bisa difungsikan untuk meningkatkan kinerja dari RAM secara tidak langsung. Sehingga untuk android dengan kapasitas RAM yang kecil penambahan memori eksternal atau sd card ini akan sangat membantu. Terutama bila memori eksternal tersebut juga dipartisikan sebagian untuk difungsikan sebagai RAM maka tentunya bisa sangat membantu kinerja Android. Meninjau kasus – kasus yang serupa tersebut, maka dari itu pada bahasan kali ini kita akan membagikan tutorial tersebut pada pembaca sekalian.

Cara Partisi SD Card

Fungsi Partisi SD Card

Bagi Pembaca sekalian yang hendak melakukan partisi pada memori eksternalnya tentunya bertujuan untuk meningkatkan kinerja android agar tidak lemot. Namun selain itu, perlu kalian ketahui bahwa fungsi dari partisi SD card tidak semata – mata hanya untuk itu. Dimana pembahasan detail untuk fungsi – fungsi dari hal tersebut yaitu sebagai berikut.

Peningkatan Performa RAM

Sebagaimana pada bahasan sebelumnya yang sempat menyinggung tentang fungsi lain dari partisi SD card yang mempengaruhi performa RAM. Dimana performa RAM yang pada dasarnya mengontrol segala aktivitas pada Android sehingga untuk RAM dengan kapasitas yang kecil tentunya akan terbebani. Kemudian dengan melakukan partisi pada Micro SD yang difungsikan seakan – akan menjadi RAM kedua tentunya bisa membantu dan meningkatkan kinerja daripada RAM menjadi lebih ringan dan stabil.

Peningkatan Performa ROM

Berikutnya yaitu fungsi daripada partisi SD Card terhadap ROM. Sementara ROM sendiri merupakan media penyimpanan internal yang sudah merupakan penyimpanan bawaan pada android itu sendiri. Namun setiap android memiliki kapasitas ROM yang berbeda – beda tergantung harga jual yang dimiliki, sehingga untuk android dengan kapasitas ROM yang kecil akan membebani kinerja dari RAM juga. Kemudian dengan adanya penambahan dan partisi micro sd ini tentunya akan meningkatkan performa dari ROM yang juga berefek pada performa dari RAM tentunya.

Pembagian SD Card

Fungsi ini adalah fungsi dasar dari partisi itu sendiri yaitu untuk membagi kesatuan dari SD Card untuk dijadikan beberapa bagian. Dimana pembagian tersebut kembali lagi seperti pembahasan pada 2 fungsi sebelumnya. Dimana secara garis besar partisi itu terbagi atas partisi khusus untuk File System dan partisi untuk media foto, video, music, dsb. Partisi file System membantu meningkatkan performa RAM dan partisi file media untuk meningkatkan performa ROM.

Cara Partisi SD Card Step 1

Beberapa Cara Partisi SD Card

Kemudian masuk pada bahasan pokok artikel yaitu cara untuk melakukan partisi SD Card. Dimana untuk caranya terbagi menjadi 2 bagian yang bisa pembaca sekalian pilih sesuai kemauan masing – masing. Adapun untuk 2 cara tersebut yaitu sebagai berikut.

Partisi SD Card dengan PC

Cara mempartisi SD Card menggunakan PC, tentunya kita membutuhkan bantuan aplikasi atau software sebagai tools atau alatnya. Dimana untuk rekomendasi software partisi yang bisa pembaca sekalian gunakan yaitu Minitool Partition Wizard. Software ini adalah software yang dibuat khusus oleh developernya untuk digunakan sebagai partisi sd card yang sudah lama digunakan oleh banyak orang khususnya service center smartphone. Selain penggunaan yang mudah semenjak awal dirilisnya, sekarang pun makin banyak update yang dilakukan pada software ini sehingga fitur yang ada makin lengkap dan mudah digunakan.

Partisi SD Card Tanpa PC

Terakhir untuk bahasan selanjutnya yaitu cara partisi tanpa PC, artinya kita melakukan partisi langsung melalui android masing – masing. Dimana untuk cara partisi ini kita akan memberikan 2 alternatif pada pembaca sekalian. Dimana untuk kedua cara ini ada syarat awal yang harus kalian penuhi yaitu kedaan android kalian harus sudah dalam keadaan di root. Kemudian untuk cara yang terakhir selain dalam posisi sudah di root, kalian juga harus melakukan instalasi CMW Recovery. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak saja lanjutannya dibawah ini.

Cara Partisi SD Card Step 2

Partisi SD Card dengan Aparted & Busybox

Cara partisi yang pertama adalah partisi yang bermodalkan dua buah aplikasi android yang bisa kalian download dengan mudah di Playstore. Jadi ada 2 buah aplikasi ya pembaca sekalian, dimana aplikasi Aparted merupakan aplikasi utama sedangkan untuk Busybox adalah aplikasi pembantu. Namun tetap, keduanya diperlukan untuk melakukan partisi SD Card. Tetapi jangan lupa syarat awal bahwa android kalian harus dalam posisi sudah di root.

Cara Partisi SD Card Step 3

CMW Recovery

Berikuntya atau yang terakhir yaitu cara pasrtisi melalui CMW Recovery. Cara satu ini bisa dikatakan kita melakukan partisi melalui system android atau melalui BIOS bila diandaikan sebagai PC. Namun sebagaimana yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa untuk cara ini ada 2 syarat yang harus dipenuhi. Pertama android dalam posisi sudah di root dan yang kedua kalian harus menginstal CMW Recovery agar partisi SD Card bisa dilakukan secara sempurna.

Catatan :

Cara – Cara partisi SD Card yang telah disebutkan diatas merupakan cara partisi yang sudah tested atau teruji dan bisa kalian coba dirumah. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara partisi SD Card ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Baca juga Cara Root Android. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *