Cara Sharing Printer Di Windows 10 Step By Step 100% Sukses

Cara Share Printer Di Windows 10

Sebelum membahas lebih jauh cara sharing printer, anda perlu tahu apa itu printer. Printer adalah perangkat keras untuk mencetak file atau berkas, baik itu berupa teks, gambar ataupun grafik yang kita simpan di dalam PC atau Laptop. Printer sendiri pada umumnya terbagi atas dua bagian ini, yaitu picker (penggetik) yang digunakan sebagai alat pengambil kertas dari tray (baki) yang difungsikan sebagai tempat untuk meletakkan kertas. Kemudian ada satu lagi bagian yang termasuk bagian vital printer pada umumnya, yaitu tinta atau karbon (tinta bubuk) yang digunakan sebagai pencetak yang sebenarnya di atas kertas pada peranti printer. Tiga bagian ini yang secara umumnya bisa dibilang bagian vital dari printer. Selain itu ada bagian pendukung yang berperan cukup penting dan sering mengalami kerusakan yaitu cartridge. Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai pena atau bulpoin yang mencetak file atau berkas yang hendak kita cetak.

Sharing Printer

Printer sendiri bisa dibilang cukup vital bagi karyawan kantoran yang aktivitas selalu berhubungan dengan pemberkasan. Dimana terkadang ada beberapa kasus yang mengharuskan kalian untuk meng-sharing printer agar bisa di akses lebih dari satu PC. Apalagi bagi kalian yang merupakan pebisnis muda dan terhalang modal untuk menyediakan printer untuk tiap PC. Sehingga tentunya artikel ini akan sangat membantu bagi kalian yang mengalami masalah demikian. Untuk lebih jelasnya langsung saja disimak lanjutan artikel dibawah ini.

Langkah Sharing Printer

Printer bisa kalian share atau digunakan dari komputer lain tanpa harus melalui USB. Dengan syarat beberapa pengaturan berikut ini harus dilakukan pada PC atau Laptop kalian. Namun sebelumnya saya ingatkan kembali cara ini bisa dilakukan bila menggunakan jaringan yang sama baik itu LAN atau WiFi. Adapun langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

Pertama, buka menu Control Panel dengan cara kombinasi keyboard Windows + R untuk masuk program Run dan kemudian ketikkan Control Panel lalu akhiri dengan Enter.

Kemudian buka “Network and Internet” seperti pada gambar berikut.

Sharing Printer Step 1
Sharing Printer Step 1
Sharing Printer Step 2
Sharing Printer Step 2

Setelah Control Panel sudah terbuka, kalian perlu mengikuti petunjuk sesuai gambar berikut.

Sharing Printer Step 3
Sharing Printer Step 3
Sharing Printer Step 4
Sharing Printer Step 4

Pada gambar diatas, step yang perlu kalian lakukan yaitu membuka “Network and Sharing Center” dan masuk pada pengaturan “Change Advanced Sharing Setting”.

Selanjutnya buat File and printer sharing serta Network Discovery menjadi “On”, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.

Sharing Printer Step 5
Sharing Printer Step 5

Langkah berikut, kalian bisa lakukan atau lewati. Tujuan dari step ini yaitu untuk melakukan sharing printer tanpa ada password login. Kemudian untuk membuatnya bebas password atau menonaktifkan fitur password login ini, kalian perlu memilih “All Networks” kemudian klik “Turn Off Protected Sharing” dan jangan lupa di Save Changes, seperti terlihat pada gambar.

Sharing Printer Step 6
Sharing Printer Step 6
Sharing Printer Step 7
Sharing Printer Step 7

Setelah selesai melakukan semua step di atas, sekarang kalian dapat melakukan sharing printer. Namun sebelumnya kalian perlu menentukan printer yang kalian share. Caranya yaitu dengan masuk menu setting “View Devices and Printers” melalui Control Panel pada Hardware and Sound, seperti pada gambar berikut.

Sharing Printer Step 8
Sharing Printer Step 8

Kemudian bila kalian sudah ada printer yang terhubung pada salah satu PC yang menggunakan jaringan yang sama, maka printer tersebut akan muncul. Berikutnya tinggal klik kanan pada printer tersebut dan pilih Printer properties, seperti gambar dibawah ini.

Sharing Printer Step 9
Sharing Printer Step 9

Printer tipe Cannon iP2700 Series.

Lalu alihkan pada tab Sharing lalu centang Share this printer dan tentukan nama dari printer yang akan kalian share tadi serta jangan lupa klik “OK”, seperti gambar berikut.

Sharing Printer Step 9
Sharing Printer Step 9

Mengakses Printer Yang Dishare

Setelah kalian sudah menyelesaikan langkah – langkah diatas, berikutnya lanjut pada langkah selanjutnya yaitu cara untuk mengakses printer yang sudah di share sebelumnya. Terlebih dahulu pastikan pengaturan pada PC atau Laptop yang akan digunakan untuk mengakses printer tadi sudah Turn on network discovery seperti pada langkah awal diatas. Kemudian untuk langkah – langkahnya berikut yaitu sebagai berikut :

Pertama, buka File Explorer yang bisa kalian lakukan dengan kombinasi keyboard Windows + E dan kemudian buka Network, seperti pada gambar.

Mengakses Printer Yang Dishare Step 1
Mengakses Printer Yang Dishare Step 1

Maka akan muncul nama komputer atau PC yang sama – sama terhubung dengan jaringan yang kalian gunakan.

Pada step ini, cara PC atau Laptop yang terhubung dengan printer melalui USB. Sebagai contoh pada artikel ini yaitu Laptop Lenovo yang sudah terhubung pada printer melalui USB. Kemudian klik kanan dan pilih “Open”.

Selanjutnya, bisa kalian perhatikan pada gambar berikut ini.

Mengakses Printer Yang Dishare Step 2
Mengakses Printer Yang Dishare Step 2

Pada gambar diatas terlihat Printer yang akan kita akses. Adapun caranya yaitu dengan klik kanan pada printer tersebut kemudian pilih “Connect…”. Lalu akan terjadi proses connecting, cukup kalian tunggu saja hingga selesai.

Terakhir tahap pengujian, langsung saja kalian coba mencetak file atau berkas pada yang sudah di share sebelumnya.

Pada tahap ini terlebih dulu pastikan kalian sudah memilih printer dengan status Ready, seperti pada gambar di bawah ini.

Mengakses Printer Yang Dishare Step 3
Mengakses Printer Yang Dishare Step 3

Note :

Cara ini bisa 100% berhasil bila kalian sudah mengikuti stepnya dari awal hingga akhir. Sehingga bila terjadi kegagalan, maka perlu kalian telaah kembali dimana letak kesalahan yang pembaca sekalian lakukan. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.
Baca Juga Tips n Trik Seputar Komputer atau Laptop

Dimikianlah artikel yang membahas tentang bagaimana Cara Sharing Printer ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *