Cara Root Android Tanpa PC/Laptop

Root Semua Jenis Android Tanpa PC

Ketika kita menyebutkan kata Root tentunya kalian akan teringat akan kata android. Karena kedua kata ini sudah bisa dibilang satu paket bagi kalian yang sudah lama menjadi pengguna android. Root sendiri diartikan sebagai akun sistem (system account) dengan kebebasan akses serta eksekusi segala hal yang ada pada sistem android baik itu file, command ataupun sistem sekalipun. Pada dasarnya root adalah melakukan hack pada sistem android dimana dengan melakukan root kalian berada di atas sistem android itu sendiri, sehingga mampu melakukan apapun pada android kalian.

Dengan melakukan root kalian memiliki hak penuh atas sistem Android kalian. Kegunaan dari Root yaitu untuk modifikasi file atau data pada sistem yang sebelumnya tidak dapat kalian akses baik itu menambah ataupun meniadakan. Kegunaan tersebut diantaranya seperti instal aplikasi pada memory card, Uninstall aplikasi sistem (bawaan), Instal ROM custom, dsb. Namun dengan kelebihan tersebut tentunya akan resiko yang akan diterima. Adapun kekurangan dari root seperti menghilangkan warranty handphone kalian dan masalah keamanan tentunya. Karena sebelum di root keamanan dari android dijalankan secara otomatis oleh sistem. Sebasgai contoh aplikasi yang tidak bisa kita install sebelumnya dapat kita install secara leluasa sehingga berpotensi virus bila kalian tidak memilah dulu aplikasi ap yang akan diinstal. Namun untuk mengantisipasi hal tersebut sudah ada. Dimana gerakan antisipasi ini dinamakan Unroot, sehingga jika kalian hendak mengembalikkan kondisi awal android kalian cukup melakukan Unroot saja.

Root Semua Jenis Android Tanpa PC

Pada awal kemunculan root ini, prosedur untuk melakukannya yaitu dengan menggunakan PC. Namun semakin kesini telah bermunculan cara root android yang bisa dilakukan hanya dengan bermodal android saja. Dimana pada pambahasan artikel kali ini saya akan mengulas tutorial root tanpa bantuan PC ata Laptop, sehingga tidak perlu repot lagi. Meskipun demikian untuk melakukan root tetap ada beberapa hal yang harus kalian penuhi sebelum melakukan Root. Karena tutorial berikut tanpa menggunakan PC maka cukup 2 hal saja yang perlu kalian perhatikan disini. Adapun syarat tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Pastikan daya batterai android kalian yaitu minimal 50% lebih.
  2. Kalian harus mengaktifkan setelan perizinan instalasi aplikasi dari sumber tidak dikenal. Umumnya dengan membuka Pengaturan (Setting) – Keamanan (Security) lalu centang pada bagian Sumber Tidak Dikenal (Unkwon Source)

Root Android Tanpa PC

Sebagaimana yang telah saya sebutkan diatas bahwa tutorial ini tanpa menggunakan PC yaitu cukup menggunakan Android saja. Tutorial yang akan saya ulas adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada 2 tutorial yaitu root menggunakan Kingroot dan menggunakan Kongaroot. Sehingga kalian perlu download file APKnya terlebih dahulu. Pada langkah – langkah dibawah telah saya cantumkan situs yang akan mengarahkan kalian langsung pada filenya. Dalam hal ini jika kalian mendownloadnya melalui google play store kemungkinan besar aplikasi – aplikasi ini tidak ditemukan, sehingga saya sarankan agar mendownload tidak melalui Play Store. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak langsung lanjutan artikel dibawah ini.

Root Android Dengan Kingoroot APK

Sebelum lanjut pada langkah – langkahnya, pastikan terlebih dahulu kalian sudah memenuhi 2 syarat yang telah saya sebutkan diatas. Penggunaan aplikasi ini tidaklah merepotkan apalagi bila kalian mengikuti langkah – langkah yang ada dibawah ini :

  • Pertama, tentunya kalian harus mendownload file APK nya terlebih dulu. Untuk itu kalian bisa ikuti link berikut ini http://www.kingoapp.com/ .
  • Kemudian kalian akan diarahkan langsung pada halaman download filenya. Langsung saja kalian pilih “Download for Android” seperti terlihat pada gambar berikut.
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 1
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 1
  • Lalu tunggu hingga proses download aplikasi selesai kemudian install aplikasinya.
  • Lakukan Instalasinya hingga keluar notifikasi seperti gambar berikut ini.
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 2
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 2
  • Setelah sudah kalian install, jangan lupa untuk mengatur aksesibilitas untuk Kingoroot aktif. Caranya cukup masuk ke Pengaturan dan cari Aksesibilitas. Jelasnya langsung saja lihat pada gambar berikut.
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 3
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 3
  • langsung saja jalankan aplikasinya.
  • Maka kalian akan nampak tampilan awal dari aplikasi Kingo Root. Pada tampilan tersebut tertera juga Devide Model serta Versi android yang kalian gunakan. Silahkan dilihat pada gambar dibawah ini.
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 4
Root Android Dengan Kingoroot APK Step 4
  • Sebagaiamana gambar yang lihat diatas, untuk melakukan proses root pilih “One Click Root”
  • Sehingga kemudian proses Root akan berjalan. Pada langkah ini kalian cukup menunggunya hingga proses root selesai.

Root Android Dengan King Root APK

Selanjutnya bila kalian hendak menggunakan aplikasi berikut ini untuk melakukan root android kalian, silahkan langsung saja disimak langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama seperti biasa, download dulu file APKnya. Untuk itu kalian bisa langsung mengikuti link berikut ini https://jalantikus.com/apps/kingroot/?download/ .
  • Kemudian lakukan instalasi sesuai prosedur sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas.
  • Lalu jalankan aplikasinya, pada awal tampilan aplikasinya akan tampil seperti gambar berikut.
Root Android Dengan King Root APK Step 1
Root Android Dengan King Root APK Step 1
  • Pada step ini, langsung saja pilih “COBA INI” seperti gambar diatas.
  • Selanjutnya kalian akan diarahkan pada menu optimasi kinerja android yang merupakan fitur bawaan aplikasi ini.
  • Untuk melanjutkan proses root silahkan pilih logo menu setting disebelah pojok kiri atas seperti pada gambar di bawah ini.
Root Android Dengan King Root APK Step2
Root Android Dengan King Root APK Step2
  • Kemudian setelah kalian melakukan seperti yang tertera pada gambar diatas, maka kalian diarahkan pada menu sebagai berikut ini.
Root Android Dengan King Root APK Step 3
Root Android Dengan King Root APK Step 3
  • Pada gambar diatas ada bagian yang telah saya seleksi kotak. Bagian tersebut merupakan status android kalian ( root / Unroot ) dan fitur permintaan untuk melakukan root.
  • Untuk melakukan proses root pilih “Permintaan” seperti nampak pada gambar diatas.
  • Kemudian ikuti sesuai petunjuk yang ada untuk menyelesaikan proses root android kalian.

Note :

Dengan menggunakan kedua aplikasi ini, kalian tidak perlu untuk melakukan instalasi aplikasi tambahan seperti aplikasi penunjuk status root. Karena pada aplikasi ini sudah menjadi satu paket.
Baca Juga Tips n Trik Android atau Smartphone

Demikianlah artikel yag membahas tentang Cara Root Android ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *