Cara Mudah Menggabungkan Video

Cara Menggabungkan Video Step 8

Cara Menggabungkan Video – Ketika kita memperbincangkan suatu kenangan maka kita tidak asing dengan dokumentasi atau mengabadikan kenangan atau momen tersebut. Dimana untuk mengenang atau mengabadikan suatu momen sering kali kita menyimpan momen atau kenangan tersebut menjadi sebuah file dalam bentuk foto maupun video. Kemudian foto atau video tersebut dijadikan sebuah album kenangan sehingga bisa digunakan untuk bernostalgia dikemudian hari. Bentuk albumnya pula bermacam – macam, ada kalanya berupa slideshow dari beberapa foto, gabungan dari beberapa video ataupun foto serta video yang dijadikan menjadi satu file. Dalam hal ini sering kali proses pembuatan album kenangan tersebut dengan membawa pada editor foto, sehingga pembaca sekalian akan mengeluarkan biaya tambahan.

Untuk mengantisipasi hal diatas, maka dari itu pada pembahasan artikel kali ini saya membagikan tutorial yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi hal ini. Meskipun pembahasan artikel ini berfokus pada penggabungan video, namun aplikasi yang akan saya rekomendasikan pada pembaca sekalian memiliki keunggulan lain. Yang mana keunggulannya dapat mengatasi masalah yang demikian ini. Lebih jelasnya untuk tutorialnya, silahkan kalian simak lanjutan artikelnya dibawah ini.

Tutorial Menggabungkan Video

Mohon digaris bawahi sebelumnya untuk makna dari menggabungkan video disini adalah beberapa video dijadikan menjadi satu video. Sehingga jangan disalah artikan sebagai mengkombinasikan beberapa satu video sehingga menjadi selaras. Kemudian untuk alat yang digunakan disini kalian bisa memilih mau menggunakan android atau PC. Karena pada artikel ini, saya akan memberikan ulasan dengan 2 alternatif yaitu menggunakan android dan PC, sehingga pembaca sekalian bebas memilih. Namun tetap saja untuk kedua cara ini tentunya ada beberapa kelebihan serta kekurangan tersendiri pada kedua cara ini. Adapun untuk tutorialnya yaitu sebagai berikut.

Langkah Menggabungkan Video melalui PC

Untuk tutorial pertama yaitu menggunakan PC disini saya rekomendasikan software Movie Maker untuk pembaca sekalian. Penggunaan software yang satu ini benar simpel serta tidak lama. Secara umumnya kita cukup memasukkan video – video yang hendak digabung kemudian disimpan, maka sudah selesai. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini :

  • Pertama download terlebih dahulu softwarenya lalu install.
  • Software sudah beredar dimana – mana sehingga mudah untuk mendownloadnya.
  • Setelah kalian selesai mendownload serta menginstalnya, langsung saja jalankan aplikasi seperti gambar berikut.

Cara Menggabungkan Video Step 1

  • Berikutnya klik logo tambah seperti gambar diatas untuk menambah atau mengimport file video yang kalian kehendaki.
  • Cari videonya dan kemudian pilih Open, seperti yang tertera pada contoh gambar dibawah ini.

Cara Menggabungkan Video Step 2

  • Lalu ulangi dua langkah sebelumnya untuk memasukkan file video lainnya yang hendak kalian gabungkan menjadi satu video.
  • Berikut ini adalah penjelasannya dalam bentuk gambar.

Cara Menggabungkan Video Step 3

  • Selanjutnya adalah testing mode, yaitu mengecek apakah 2 video tadi sudah menjadi satu atau belum.
  • Untuk mengetesnya, kalian bisa mulai dengan memperhatikan gambar dibawah ini.

Cara Menggabungkan Video Step 4

  • Pada gambar diatas terlihat ada area kotak yang merupakan gabungan dari 2 video dan ada area elips yang merupakan fitur untuk memutar hasil editan video. Jadi untuk membuktikannya kalian bisa memutarnya terlebih dahulu sebelum menyimpan filenya.
  • Kemudian setelah sudah berhasil untuk penggabungan videonya, maka tinggal di export saja filenya. Dengan cara pilih Export dibawah kotak pemutar videonya, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas.
  • Silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Menggabungkan Video Step 5

  • Tampilan sebagaimana ditujukan pada gambar diatas, adalah menu pengaturan resolusi file video yang akan di export. Bila tidak ada perubahan resolusi yang dinginkan maka langsung pilih Export.
  • Lalu proses export file akan berjalan dari 0% hingga 100%.

Cara Menggabungkan Video Step 6 Cara Menggabungkan Video Step 7

  • Pada step ini, kalian cukup menunggunya hingga proses export selesai maka secara otomatis kalian akan diarahkan ke jendela file explorer pada folder penyimpanan file video yang sudah edit, seperti tertera pada gambar diatas.

Langkah Menggabungkan Video pada Android

Selanjutnya untuk tutorial kedua sekaligus terakhir, adalah dengan menggunakan hp android. Untuk tutorial satu ini saya rekomendasikan aplikasi Kine Master yang disediakan secara gratis pada google play store. Adapun untuk langkah – langkhanya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama download dan install aplikasinya.
  • Lalu jalanakan dan pilih logo (+) untuk masuk ke menu editing seperti gambar berikut.

Cara Menggabungkan Video Step 8 Cara Menggabungkan Video Step 9

  • Pada step ini pilih Media seperti gambar diatas untuk menambahkan media berupa video atau foto.
  • Cari file videonya dan masukkan pada menu editing aplikasi Kine Master, seperti tertera pada gambar dibawah ini.

Cara Menggabungkan Video Step 10

  • Lalu atur timelinenya sesuai keinginan kalian untuk memberikan tempat penggabungan video kedua setelahnya dan akhiri dengan memilih tanda centang di pojok kanan atas. Seperti pada gambar diatas.
  • Kemudian pilih “Lapisan” untuk menambahkan media atau video lain.
  • Berikut penjelasannya dalam bentuk gambar.

Cara Menggabungkan Video Step 11 Cara Menggabungkan Video Step 12

  • Selanjutnya klik tanda centang seperti langkah sebelumnya dan akhiri dengan memilih ikon home disebelah pojok kanan atas, untuk memutar serta menyimpan file video setelah selesai diedit.
  • Berikut ini penjelasan dalam bentuk gambar.

Cara Menggabungkan Video Step 13 Cara Menggabungkan Video Step 14

Note :

Untuk tutorial yang kedua ini penggabungan video mengikuti video yang di import di awal. Sehingga seperti durasi akan mengikuti durasi video pertama. Sebagai contoh bila video yang diimport pertama berdurasi 10 menit, maka hasil akhir dari penggabungan video adalah berdurasi 10 menit.

Baiklah untuk tutorial cukup sekian sampai disini. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *