Cara Mudah dan Cepat Menghapus Cache di Windows

Cara Menghapus Cache di Windows

Cara Menghapus Cache Windows – Pembahasan kali ini mengarah pada sebuah tips atau cara yang berkaitan dengan PC atau lebih spesifiknya yaitu Windows. Dimana untuk bahasan kali ini, kita akan mengangkat tentang pembahasan tentang cara menghapus atau membersihkan Cache yang sudah tidak diperlukan lagi di Windows. Meskipun pada dasarnya cache sangat berguna bagi kinerja windows, namun ada kalanya untuk cache yang sudah tidak diperlukan seperti sisa – sisa dari uninstall yang tertinggal di sistem. Sehingga pada kasus yang demikian tersebut, maka cache tersebut perlu dibersihkan.

Sebelumnya mari sedikit kita bahas tentang definisi dari Cache yang sebenarnya. Cache diartikan sebagai memory sementara (temporary) berupa file dengan ukuran yang sangat kecil. Secara Bahasa bisa diartikan sebagai jembatan atau perantara yang menguhubungkan kinerja antara Processor dan RAM, sehingga bisa meringankan kerja PC. Jadi pada intinya cache sebenarnya cukup berguna bagi kerja sistem windows. Dimana cache sendiri sebanrnya berfungsi untuk menambahkan kecepatan akses data PC, dengan cara menyimpan data serta informasi dari aktivitas sebelumnya sehingga kerja processor menjadi lebih ringan.

Langkah Menghapus Cache di Windows

Untuk tahapan – tahapan yang perlu dilakukan untuk menghapus cache di windows cukup mudah. Dimana kalian tidak memerlukan hal lain selain PC, tanpa ada software tambahan ataupun koneksi internet. Adapun untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut.

Pertama, kondisi PC atau Laptop sudah dalam kondisi ON lalu pada taskbar pencarian tuliskan “Disk Cleanup”. Program tersebut merupakan program bawaan dari windows yang nantinya akan kita pergunakan untuk menghapus cache – cache yang sudah tidak diperlukan lagi. Lebih jelasnya bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Menghapus Cache di Windows step 1

Berikutnya akan keluar sebuah jendela Drive Selection, untuk menentukan drive mana yang akan dibersihkan cache-nya. Drive dengan banyak cache terdapat pada drive system, seperti contoh gambar yang sudah kita atur pada drive C dibawah ini.

Cara Menghapus Cache di Windows step 2

Lanjutkan dengan mengklik Ok, kemudian kalian akan diarahkan pada jendela lain yang memuat opsi – opsi jenis cache yang hendak dibersihkan atau dihapus. Sebagai catatan pada gambar dibawah ini telah terdapat keterangan serta size jenis cache yang hendak kalian hapus. Jadi pembaca sekalian bisa menghapus dengan sistem pilih antara yang masih diperlukan dan yang tidak diperlukan.

Cara Menghapus Cache di Windows step 3

Untuk eksekusi nya, kalian cukup klik ok saja maka proses pembersihan cache akan berjalan. Terakhir, tunggu saja hingga prosesnya selesai dan cache sudah berhasil dibersihkan.

Catatan :

Sebagai tambahan bagi pembaca sekalian, jangan lupa untuk memilah antara mana file cache dan sudah tidak diperlukan agar tidak mempengarui kinerja computer. Namun bila misalnya kalian lupa memilah juga tidak masalah, hanya saja untuk proses awal aktivitas PC kalian setelah dilakukan pembersihan tersebut menjadi agak  lambat di awal.
Baca Juga Tips n Trik Seputar Komputer atau Laptop

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Menghapus Cache di Windows ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian, kemudian silahkan dicoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *