Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Flashdisk Tidak Terbaca – Media penyimpanan ini sudah sangat familiar di tengah mayarakat khususnya para penikmat teknologi. Dengan penggunanya yang begitu banyak, membuat produksi yang ada menjadi semakin setiap harinya. Dari sekian proses produksi yang ada dilakukan tentu saja, ada sebagian produk yang memiliki kecacatan.  Seperti halnya dari segi sistem yang ada, tidak semua produk dilengkapi sistem dalam pernagkat ini secara sempurna. Sehingga dari beberapa flashdisk ini, tentu terdapat beberapa yang bermasalah dari bagian sistemnya. Sebagaimana bahasan kita kali ini yang akan membahas cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di PC.

Tutorial Mengatas Flashdisk Tidak Terbaca

Bahasan berikutnya masuk pada tutorial yang akan diulas. Tutorial berikut ini berisi solusi untuk masalah ini yang akan terbagi dua macam. Tutorial pertama dengan menggunakan Computer Management dan Tutorial kedua menggunakan Device manager. Lebih jelasnya untuk tutorialnya silahkan ikuti lnajutan artikelny dibawah ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Computer Management

Cara pertama tergolong cara yang cukup mudah untuk dipraktekkan, dimana kalian cukup menghubungkan flashdisk pada PC. Kemudian diekssekusi dengan program bawaan dari sitem windows itu sendiri. Adapun untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, Pasangkan flashdisk yang tidak terbaca tersebut pada PC kalian.
  • Lalu masuk ke “Computer Management”, untuk caranya banyak pilihan yang bisa kalian gunakan, bisa melalui “Taskbar Searching Windows” kemudian tuliskan Computer Management. Bisa juga dengan menekean Windows Key+R lalu ketikkan “compmgmt.msc” tanpa dan kutip. Bebas pilih yang mana intinya untuk langkah kedua kalian harus ke compter management dulu.
  • Setelah berhasil masuk ke Computer Management, pilih menu Storage > Disk Management.
  • Pada jendela Disk Management, kalian bisa melihat daftar drive atau disk yang tekoneksi dengan PC yang sedang kalian gunakan. Sebagai contoh drive hdd yang ada di barisan atas. Pada step ini, jika flashdisk kalian terbaca di jendela ini namun kapasitasnya hanya 0 Kb, maka flashdisk masih bisa tertolong. Dalam artian tidak rusak pada komponen fisiknya.
  • Selanjutnya pada drive flashdisk tersebut klik kanan > Format
  • Setelah diformat akan terbaca lagi di PC, dengan syarat langkah kalian lakukan sudah benar.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Melalui Computer Management

Catatan :

Kelemahan dari cara ini tidak bisa melakukan backup data terlebih dahulu karena dengan melakukan format data – data yang ada akan terhapus semua. Untuk mengakalinya kalian bisa membackup terlbih jika memang bisa atau dengan vcara mengembalikan file yang sudah terhapus setelah flashdisk bisa dibaca lagi.

Cara Mengaatsi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Device Manager

Sebagaimana cara diatas, cara ini juga menggunakan program yang ada pada sistem windows sehingga tidak memerlukan bantuan atau tambahan software apapun. Caranya pun juga mudah untuk dilakukan dan tidak lama. Adapun untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, Pasanga flashdisk yang tidak terbaca tersebut pada PC.
  • Kemudian masuk ke “Device Manager”, untuk carany kalian bisa mengikuti cara berikut ini.
    Klik Start > Control > Device Manager Panel atau Tekan Windows Key+R > Ketikkan “control” (tanpa kutip) > Enter > Devivce Manager.
  • Langkah berikutnya setelah berhasil ke menu Device Manager, cari dan pilih fitur action > Add Legacy Hardware. Lalu kalian akan diarahkan pada jendela baru, pada step lanjutkan saja dengan klik “Next” > Search for Install hardware automatically.
  • Selanjutnya kalian cukup menunggu hingga proses searching yang dilakukan sistem selesai. Saat flashdisk sudah berhasil terdeteksi akan muncul menu Autorun yang menandakan flash tidak terbaca tadi sudah berhasil di atasi.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Melalui Device Manager

Catatan :

Bila ada kegagalan yang terjadi, maka silahkan diulangi lagi step nya dari awal hingga tuntas. Jangan lewatkan step yang ada agar proses perbaikan flashdisk bisa berhasil.

Demikianlah artikel yang membahasn tentang cara mengatasi flashdisk tidak terbaca ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terim kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *