Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online Dan Offline

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online Dan Offline

Pada ulasan kali ini masih fokus pada file yang khususnya yaitu file dengan format PDF. Namun pembahasan pada artikel ini bukan seperti artikel sebelumnya yaitu mengutak – atik format file, melainkan mengutak – atik ukuran suatu file sebagaimana judul pada artikel ini. Pembahasan sejenis ini pasti pernah kita jumpai juga; seperti contoh pada saat kita hendak meng-upload file pada sebuah website namun file yang hendak kita upload terlalu besar ukurannya. Bagi kalian yang pernah mengalamai hal ini, maka pembahasan pada artikel kali ini tentunya akan sangat membantu. Sebagaimana judul diatas, saya akan mengulas tentang bagaimana cara memperkecil / mengkompres ukuran sebuah file PDF baik itu secara online maupun offline. Banyak sekali cara yang sudah tersebar di internet baik itu secara online maupun offline, dimana hampir semua cara – cara tersebut sudah saya coba. Sehingga ulasan yang akan saya lampirkan dalam artikel ini merupakan salah satu dari berbagai cara yang telah saya pilah dan tentunya tidak akan membuat pembaca sekalian bingung atau kesusahan saat mencobanya.

Penjelasan untuk memperkecil ukuran file PDF secara online atau offline, masih sama seperti artikel saya sebelumnya yaitu untuk online kita membutuhkan jaringan internet sedangkan untuk offline kita membutuhkan software. Namun kita tetap suatu media untuk memprosesnya yaitu PC, Laptop ataupun Smartphone. Pada artikel ini yang akan saya ulas lebih berfokus pada penggunaan PC atau Laptop sebagai medianya. Sementara untuk alternatif online-nya saya tetap merekomendasikan 2 Website seperti yang telah saya ulas pada 2 artikel sebelumnya. Untuk lebih jelasnya bisa langsung di simak pada lanjutan artikel di bawah ini.

Kompres Ukuran File PDF Online Dan Offline

Memperkecil Ukuran File PDF Online

Untuk sub bahasan ini yaitu memperkecil ukuran file dengan format PDF secara Online, saya masih rekomendasikan 2 website sebelumnya yaitu smallpdf dan JPG To PDF/PDF Compressor. Hal ini dikarenakan setelah saya menelusuri di internet, kebanyakan hasil kompresi file untuk setiap website bisa di bilang sama. Maka dari itu saya tetap merekomendasikan 2 website ini, dikarenakan bila di tinjau dari segi penggunaannya 2 website tersebut lebih mudah digunakan.

Melalui Smallpdf

Untuk website ini bisa langsung masuk melalui link berikut ini ( https://smallpdf.com/compress-pdf ). Cara masih sama seperti saat meng-convert sebuah file, namun disini akan saya ulas kembali secara mendetail lagi agar mudah dipahami. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut :

Pertama – tama, tentunya kita harus masuk ke websitenya dulu ya, langsung saja masuk lewat Link diatas.

Lalu pilih “Choose File” kemudian cari file yang hendak kita compress dan pilih “Open” seperti pada gambar.

Smallpdf Step 1
Smallpdf Step 1
Smallpdf Step 2
Smallpdf Step 2

Tunggu hingga proses upload dan compress selesai baru pilih “Download” seperti di gambar.

Smallpdf Step 3

Setelah download selesai, kalian bisa langsung membandingkan ukuran file setelah di compress seperti gambar di bawah ini.

Smallpdf Step 4
Smallpdf Step 4

Melalui PDF Compressor

Untuk masuk websitenya bisa langsung melalui link berikut ini ( https://pdfcompressor.com ). Masih sama dengan cara di atas yakni mudah penggunaannya. Adapun cara – caranya, yaitu sebagai berikut :

Pertama, masuk ke websitenya kemudian pilih “PDF Compressor” lalu pilih “Upload Files” seperti pada gambar.

PDF Compressor Step 1
PDF Compressor Step 1

Lalu cari file PDF yang hendak kalian compress / perkecil ukurannya dan pilih “Open” seperti di gambar.

PDF Compressor Step 2
PDF Compressor Step 2

Kemudian tunggu proses upload dan compress selesai lalu pilih “Download” maka file tersebut akan terdownload dan otomatis file PDF sudah ter-compress seperti gambar di bawah ini.

PDF Compressor Step 3
PDF Compressor Step 3

Setelah proses download berhasil, kita bisa langsung membandingkan ukuran file sebelum dan sesudah di compress seperti gambar di bawah ini.

PDF Compressor Step 4
PDF Compressor Step 4

Note : Untuk kedua cara di atas memiliki kekurangan yaitu hasil kompresi kurang maksimal, dimana hasil dari file yang telah di compress hanya berkurang sekitar 1 MB. Sehingga bila pembaca sekalian menggunakan kedua cara di atas, maka kita perlu mengulanginya beberapa kali hingga ukuran file yang kita inginkan sudah sesuai.

Memperkecil Ukuran File PDF Offline

Untuk sub bahasan ini, saya hanya akan mengulas 1 alternatif dengan bantuan Microsoft Office Word. Dimana dengan cara ini kita cukup dipermudah karena tidak dibutuhkan software lagi untuk meng-compress sebuah file PDF. Secara garis besarnya, cara ini hampir sama dengan cara mengubah format file dari word/doc ke pdf atau sebaliknya. Untuk lebih jelasnya langsung kita simak pada lanjutan artikel di bawah ini.

Microsoft Office Word

Penggunaan cara ini, intinya terletak pada saat ketika kita akan menyimpan ulang filenya. Dimana ada satu step yang tidak boleh terlewat sehingga file PDF kita akan ter-compress dengan benar. Adapun langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

Pertama buka program di MS. Office Word-nya di PC atau Laptop kalian.

Lalu buka file PDF yang hendak kita compress menggunakan program MS. Office Word. Pada step ini akan ada satu proses yaitu proses converting. Karena untuk membuka file PDF melalui MS. Office Word, secara otomatis programnya akan mengubah format file PDF tersebut menjadi DOC. Untuk gampangnya bisa kalian lihat langsung pada gambar.

Microsoft Office Word Step 1
Microsoft Office Word Step 1
Microsoft Office Word Step 2
Microsoft Office Word Step 2

Setelah file PDF tadi terbuka langsung lakukan “Save As” menggunakan format PDF dan pilih “Minimize Size” seperti pada gambar yang dilingkari merah.

Kemudian tentukan folder untuk menyimpan file-nya dan akhiri dengan memilih “Save”.

Microsoft Office Word Step 3
Microsoft Office Word Step 3

Untuk melihat hasil compress sudah benar atau tidak, bisa langsung kalian bandingkan file yang sudah di “Save As” dengan file sebelumnya seperti pada gambar.

Microsoft Office Word Step 4
Microsoft Office Word Step 4

Bila ukuran file masih belum berubah, silahkan di ulangi lagi langkah – langkahnya mulai dari awal. Karena cara ini sudah saya buktikan keberhasilannya, sehingga bila saat kalian mencobanya namun tidak berhasil maka kalian perlu pahami ulang langkah – langkahnya.

Note Microsoft office yang saya gunakan ms Office 2016

Demikianlah ulasan saya tentang artikel yang membahas Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *