Cara Flashing Android Dengan QFIL (Qualcomm Flash Image Loader)

Cara Flash Android Dengan QFIL

Cara Flash Menggunakan QFIL – Qualcomm Flash Image Loader (QFIL) didefinisikan sebagai aplikasi portable yang digunakan untuk flashing stock ROM ke Android yang menggunakan Chipset Qualcomn Snapdragon. Menggaris bawahi pengertian dari pengertian tadi maka sudah wajar bila penggunaan dari aplikasi ini, memiliki kelebihan serta kelemahan tersediri. Dimana untuk kelebihan yang dimilikinya, sudah dibuat secara portable untuk versi terupdate sehingga kita tidak perlu melakukan install. Selain itu, penggunaan aplikasi sangat mudah dan ringan dengan log box file yang memonitor histori flashing yang sudah pernah dilakukan sebelum – sebelumnya.

Sementara untuk kekurangan yang dimilikinya, aplikasi flashing ini hanya khusus bisa digunakan untuk android dengan chipset yang menggunakan Qualcomm Snapdragon karena aplikasi ini sendiri merupakan seproduk dengan chipsetnya. Sehingga penggunaan aplikasinya hany terbatas pada beberapa merk android seperti Xiaomi, Asus, Oppo, Lenovo, dsb. Kemudian untuk android yang tidak menggunakan chipset ini seperti Samsung, Sony Xperia, LG dan sejenisnya tidak bisa di flashing menggunakan aplikasi flashing android ini. Namun untuk pembaca sekalian yang memang sudah menggunakan android dengan chipset ini, maka akan sangat diuntungkan Karena fitur – fitur berguna yang dimilikinya.

Qualcomm Flash Image Loader

Fitur Aplikasi QFIL

Adapun untuk kegunaan dari fitur – fitur yang dimiliki oleh aplikasi QFIL ini adalah sebagai berikut.

Aplikasi Portable

Last Update version yang hanya sebesar 3.5 MB dengan bentuknya yang dibuat portable sangat memudahkan penggunanya. Dimana dengan tipenya yangn portable ini, penggunaan aplikasi ini tidak perlu di install terlebh dahulu sehingga tidak akan membebani kinerja PC pembaca sekalian.

Penggunaan Yang Mudah

Hadir dengan tampilan yang user friendly, aplikasi QFIL ini memberikan banyak kemudahan bagi pengguna dari segi flashing Stock ROM atau firmware dengan hanya satu klik untuk satu kali proses flashing hingga selesai.

Log Box Flashing Histori

Terdapat pula fitur histori yang me-record proses flashing. Dimana dengan adanya fitur ini, ketika terjadi adanya kesalahan saat proses flashing namun  kalian tidak sempat memantau maka kalian bisa melihat dan memeriksanya melalui fitur ini.

Multi fitur

Khusus untuk android yang bisa menggunakan aplikasi ini untuk flashing, akan sangat diuntungkan karena tersedianya banyak fitur yang diberikan oleh developer QFIL pada penggunanya.

Cara Penggunaan Aplikasi QFIL

Terakhir adalah bahasan inti dari artikel yang mengulas cara penggunaan dari aplikasi ini. Dengan fitur dasar yang menyediakan fitur untuk mengatasi Brick Mode 9008 Flash khusus chipset Qualcomm, penggunaan dari aplikasi ini membutuhkan bahan sebagai berikut.

  • Pertama, sudah pasti adalah PC untuk menjalankan aplikasi serta tempat proses flashing dilakukan. Kemudian jangan lupa Android dan Kabel USB-nya. Namun sebelumnya jangan lupa untuk memastikan kalau android yang akan di flash adalah android yang menggunakan chipshet Qualcomm Snapdragon.
  • Berikutnya download bahan – bahan yang dibutuhkan meliputi aplikasi QFIL, QPST, Driver Qualcomm serta firmware yang sesuai untuk digunakan pada android pembaca sekalian.
  • Kondisikan baterai android diatas 50% dalam kondisi tidak saat charging.
  • Langkah terakhir, untuk persiapan bahannya yaitu install aplikasi QFIL dan QSPT-nya.

Langkah Cara Flash Dengan Aplikasi QFIL

Setelah kalian sudah melengkapi bahan – bahannya, maka selanjutnya kita sudah bisa beralih pada langkah – langkah flashingnya berikut ini.

  • Pertama jalankan aplikasi QFIL, melalui alternatif berikut ini :
    C:\Program Files\Qualcomm\QPST\bin\QFIL.exe > Untuk Windows 32Bit
    C:\Program Files (x86)\Qualcomm\QPST\bin\QFIL.exe > Untuk Windows 64Bit

Cara Flash Android Dengan QFIL Step 1

  • Berikutnya setelah kalian berhasil pada tampilan awal aplikasi seperti gambar diatas. Dengan berlaih pada tampilan Flat Build, dengan cara mengganti Build Type seperti yang dijelaskan pada gambar dibawah ini.

Cara Flash Android Dengan QFIL Step 2

  • Kemudian Langsung saja masuk pada langkah selanjutnya dengan cara pilih fitur “Browse” untuk insert firmware yang android akan kalian flash. Paad step ini biasanya file tersebut berada pada Program Patch folder aplikasi portable ini, sebagaimana ditunjukkan melalui gambar berikut.

Cara Flash Android Dengan QFIL Step 3

  • Selanjutnya pilih Load XML > awpgormam0.xml atau rawprogram_unspare.xml (menyesuaikan jenis firmware) > patch0.xml.
  • Lalu sambungkan Android ke PC dengan mode 9008 pada fitur yang ada dalam QFIL sekaligus untuk memastikan koneksi antara android dan QFIL. (Bila Masih tidak terkoneksi, kalian bisa mengeceknya melalui device manager)
  • Pastikan android sudah terdeteksi di QFIL lalu ekseskusi dengan memilih “Download”. Pada step ini kalian cukup menunggu hingga proses flashingnya selesai.

Catatan :

Inti dari proses flashing ini, kalian harus memastikan bahwa koneksi antara android dan PC melalui QFIL sudah benar – benar terdeteksi dan firmware juga harus sesuai agar proses flashing bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara flash menggunakan QFIL ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalin. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *