Cara Flash Xiaomi Redmi 3

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 1

Flash Xiaomi Redmi 3 – Bila sebelumnya saya telah memberikan ulasan tentang cara flash Vivo Y15, pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas tentang Cara Flash Xiaomi Redmi 3. Dimana Xiaomi ini juga merupakan salah satu brand yang diawal kemunculan juga memberikan gebrakan pada pendahulunya dengan spesfikasi yang tidak mengecewakan serta harganya yang masih terjangkau. Bahkan xiaomi ini sendiri hingga sekarang tetap memegang peran penting dalam pasar smartphone di Indonesia. Smartphone Xiaomi ini sendiri juga sering kali disebut dengan Hp Sejuta Umat, yang berarti dari golongan masyarakat ekonomi kelas bawahpun bisa memilikinya.

Faktor penyebab hp satu ini sering kali di flash oleh penggunanya juga hampir sama dengan Vivo. Meskipun ada beberapa alasan lain selain bootloop, seperti sering hang, karena sering kali menginstal aplikasi yang tidak kompatibel, lupa password buka kunci, lupa password mi-cloud ataupun karena seringnya muncul  notifikasi yang berisi permintaan untuk menutup paksa atau keluar sendiri dari aplikasi yaitu force close. Maka dari itulah saya akan mengulas tutorial untuk melakukan flashing pada Hp yang demikian ini.

Flash Xiaomi Redmi 3

Seperti pada artikel sebelumnya, kalian harus mempersiapkan 3 hal penting sebelum melakukan flashing pada xiaomi kalian. Karena pada artikel ini pun sama dengan arikel sebelumnya yaitu dengan menggunakan PC. Seperti biasanya untuk 3 hal tersebut kalian tidak perlu repot – repot lagi untuk mencari situs penyedia filenya, karena pada bahasan berikutnya saya sudah melampirkan situs – situs penyedianya. Adapun untuk 3 hal tersebut yaitu sebagai berikut.

MI PC Siute

Aplikasi ini sama halnya dengan USB Driver yang berfungsi untuk mendeteksi perangkat Xiaomi yang kalian gunakan. Hanya saja aplikasi memiliki kelebihan lain seperti manage dokumen pada ponsel Xiaomi kalian. Untuk mengunduh atau mendownload file nya, silahkan download pad penyedia software ini seperti contoh pada gambar dibawa ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 1

Firmware atau ROM Xiaomi Redmi 3

Kemudian tentu saja kalian perlu mendownload ROM nya juga. Namun terlebih dahulu sebaiknya kalian memastikan terlebih dahulu MIUI ponsel kalian. Untuk mengeceknya kalian bisa mengaksesnya melalui Tentang Ponsel ( About Ponsel ) pada menu Setting. Seperti pada gambar berikut ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 2

Setelah kalian sudah memastikan Versi MIUI ponsel kalian, jangan lupa untuk download ROM dari xiaomi yang sesuai dengan ponsel xiaomi kalian.

MI Flash

Ketiga yaitu alat untuk melakukan proses flashing yaitu MI Flash. Aplikasi ini khusus untuk flashing ponsel Xiaomi, jadi tidak hanya untuk redmi 3 saja. Dalam pemilihan aplikasi Mi Flash ini usahakan kalian mendownload pada sebuah website yang telah menyediakan berbagai versi yang bisa kalian sesuaikan dengan Windows yang kalian gunakan. seperti yang bisa kalian lihat pada gambar berikut.

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 3

Langkah Flash Xiaomi Redmi 3

Setelah kalian mempersiapkan 3 hal diatas, maka selanjutnya adalah beralih pada langkah – langkahnya. Adapun untuk langkahnya seperti apa yaitu sebagai berikut :

  • Pertama instal software MI Flash dan MI PC Suite.
  • Kemudian Ekstrak File ROM yang sudah kalian download tadi pada folder yang sudah kalian tentukan.
  • Berikutnya jalankan MI PC Suite nya dan sambungkan ponsel Xiaomi kalian dengan PC menggunakan kabel USB.

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 4

  • Selanjutnya jalankan aplikasi MI Flash. Pada page awal akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
  • Pada step ini, pilih “Select” untuk memasukkan file ROM yang telah kalian ekstrak tadi.

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 5

  • Kemudian pilih refresh dan pastikan pada kolom kosong tersebut Id Device kalian sudah terindeks agar proses flashing bisa berjalan. Lalu kalian bisa mengatur mode flashing ( Clear All, Save User Data, dan Clear All and Lock ) yang diinginkan pada area yang terleseleksi dengan kotak dibagian bawah, seperti gambar berikut ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 3 Step 6

  • Terakhir, pilih “Flash” seperti gambar diatas dan tunggu hingga proses selesai maka ponsel secara otomatis akan reboot dengan sendirinya sebagai tanda bahwa proses flashing telah berhasil dilakukan.

Note :

Sebelum kalian melakukan flashing jangan lupa untuk backup data. Selain itu, karena pada tutorial ini menggunakan PC maka jangan menyabut koneksi USB saat proses Flash berlangsung untuk menghindari adanya bootloop pada ponsel Xiaomi kalian. Kemudian tutorial ini sudah dicoba melalui PC dengan OS atau Sistem Operasi 64bit, sehingga tidak direkomendasikan untuk OS 32bit. Jadi bila PC yang kalian gunakan masih menggunakan OS 32bit ada baiknya menggunakan PC lain yang sudah menggunakan OS 64bit. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.
Baca Juga Tips n Trik Android atau Smartphone

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Flash Xiaomi Redmi 3 ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian dan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *