Cara Flash Asus Zenfone All Series

Cara Flash Asus Zenfone All Series

Flash Asus Zenfone – Asus, sebagai salah satu brand ternama saat ini sudah banyak mengeluarkan produk – produk terbarunya. Hanya saja untuk produk lama sebagaimana kasus pada artikel kali ini yang akan membahas tentang Asus Zenfone yang terus menerus update produk berhubungan dengan perkembangan teknologi. Bagi pembaca sekalian yang merupakan kolektor hp ini, pasti akan sangat merawatnya bila terjadi masalah. Inti bahasan kali ini adalah flashing, dimana hal tersebut biasanya dilakukan untuk mengatasi kerusakan pada android yang sebangsa sistem. Untuk seri lama seperti zenfone sudah tidak susah untuk melakukan flashing karena sudah banyak tersebar caranya di internet, seperti bahasan artikel berikut ini.

Flash Asus Zenfone Lewat PC

Metode Flashing dengan menggunakan PC berarti kita membutuhkan perangkat pembantu yang disebut software untuk kelancaran proses flashingnya. Software tersebut biasanya disebut dengan flashtool, sebagaimana namanya itulah fungsi sebenarnya dari software ini. Selain itu, masih terdapat beberapa hal yang perlu kalian persiapkan seperti yang sudah kita sebutkan dibawah ini.

Firmware Asus Sesuai Series

Asus Android USB Driver

Asus Flash Tool

Tiga hal diatas adalah syarat wajib yang perlu kalian miliki sebelum mulai proses flashingnya. Sehingga bila ada salah satu dari ketiga hal diatas yang tidak terpenuhi, maka proses flashing android tidak akan bisa dilakukan.

Cara Flash Asus Zenfone Lewat Flashtool No. 1

Metode Flashing Menggunakan Flash Tool

Metode ini adalah proses flashing yang berbahan dasar PC sebagai tempat proses flashing terjadi. Kemudian media yang digunakan adalah flashing tool, dimana untuk langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan daya baterai android diatas 50% sebelum melakukan flashing.
  • Berikutnya masuk ke Droidboot Mode dengan cara kombinasi tombol Power+Volume Up ditekan secara bersamaan hingga masuk Droidboot Mode-nya.
  • Berikutnya install aplikasi Flashtool-nya dan jalankan “As Administrator”, lalu sambungkan Android pada PC dengan menggunakan Kabel USB.
  • Untuk koneksi yang benar maka akan muncul Ikon USB pada “Serial Number” layar aplikasinya.
  • Selanjutnya pada bagian toolbar terdapat model dan pilihan Wape Data. Pada step ini, untuk Model akan secara otomatis terpilih menyesuaikan Seri Android yang akan di flash. Sementara untuk Wipe Data-nya jadikan menjadi “Yes” dan lanjutkan dengan memilih ikon Browse dibagian paling kiri toolbar.
  • Cari dan masukkan firmware android yang sudah didownload sebelumnya lalu masukkan pada lembar kerja aplikasi flash toolnya.
  • Kemudian untuk memuai proses flashingnya, pilih Serial Number yang sudah terdeteksi tadi dan klik tombol “Start” maka proses flashing akan berjalan.
  • Pada step ini, kalian cukup menunggu hingga proses flashingnya selesai hingga muncul notifikasi berupa “Flash Image Succesfully”. Ini menandakan proses flashing sudah hampir selesai.

Cara Flash Asus Zenfone Lewat Flashtool No. 2

  • Terakhir, sebagai finishingnya kalian tinggal melepas kabel USB antara PC dan Android. Kemudian beralih pada android dengan memilih menu reboot pada droidboot mode android untuk merestart android. Pada step akan berlangsung cukup lama karena merupakan proses pembangunan ulang sistem android seperti saat melakukan hard reset, sehingga nantinya kalian akan diminta untuk mengatur ulang Bahasa, akun google, jaringan dan seterusnya. Dengan demikian proses flashing android Asus Zenfone menggunakan Asus Flash Tool sudah berhasil dilakukan.

Metode Flashing Menggunakan ADB

Metode satu ini cukup berbeda dengan metode sebelumnya. Dimana bahan yang dibutuhkan juga berbeda, meliputi ADB Driver, Intel USB Driver dan Firmware + Recovery.img (Dalam satu folder.zip). Jadi 3 hal ini harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum memulai proses flashingnya, sedangkan untuk langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Flash Asus Zenfone Lewat ADB No. 1

  • Pertama setelah kalian mendownload bahan yang disebutkan tadi, maka lakukan instalasi pertama pada Intel USB Driver.
  • Berikutnya lakukan ekstrak in Here pada ADB Driver dan ekstrak juga firmware dalam 1 folder.
  • Selanjutnya masuk ke menu Fastboot pada android dengan cara kombinasi tombol Power+Volume Up ditekan bersamaan hingga masuk ke menu fastboot. Lalu sambungkan Android dan PC dengan Kabel USB.
  • Kemudian pada folder Firmware yang sudah di ekstrak sebelumnya, tekan sihft key + klik kanan dan pilih “Open Command Windows Here” maka kalian akan dibawa pada program CMD.
  • Pada step ini, kalian harus memasukkan perintah sebagaimana gambar berikut ini :

Cara Flash Asus Zenfone Lewat ADB No. 2

Dengan memperhatikan gambar diatas, setiap kali menekan enter akan terjadi proses yang perlu kalian tunggu. Lakukan sesuai urutan perintah yang telah dicontohkan pada gambar diatas. Dimana setelah kalian sampai pada perintah terakhir yaitu Fastboot Reboot, maka proses flashing telah berhasil dilakukan dan kalian cukup menunggu hingga android menyala kembali.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara Flash Asus Zenfone All Series ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *