Cara Flash Asus Zenfone 5 100% Work

Flash Asus Zenfone 5

Flashing atau flash dalam istilah smartphone dapat diartikan sebagai instal ulang atau re-install sistem dari smartphone yang umumnya menggunakan PC atau Laptop. Sebagaimana yang kita tahu pada PC terdapat hardware dan software sama halnya dengan smartphone juga demikian. Proses mengganti ulang software pada smartphone juga bisa disebut dengan flashing atau flash. Hal ini diperlukan biasanya saat ada update sistem terbaru beredar terlebih dahulu sebelum munculnya update resmimnya sehingga pada umumnya para pengguna smartphone akan berbondong – bonding melakukan flash pada smartphonenya.

Pada saat hendak melakukan proses flashing biasanya kita perlu mengakses CWM. Dimana dengan mengakses CWM kita bisa melakukan backup dan restore data yang ada pada ROM smartphone kita. Backup disini diartikan sebagai mengcopy sistem smartphone, file pada memori internal serta partisi untuk disimpan dalam penyimpanan eksternal atau sdcard. Dimana hasil backup, nantinya tersimpan dalam bentuk folder. Sementara untuk restore merupakan proses pengembalian file backup-an yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga kita bisa antisipasi agar tidak file – file yang bersifat penting tidak hilang sebelum kita melakukan flashing pada smartphone kita.

Hal Yang perlu diperhatikan sebelum Proses Flashing

Sebelum kalian memulai proses flash ada baiknya jika kalian memperhatikan hal – hal berikut ini. Dimana hal ini sering kali dianggap remeh namun bisa juga menyebabkan kegagalan pada proses flashing yang kalian lakukan. Adapun hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kabel USB sudah longgar atau mudah lepas dalam artian sudah tidak layak pakai. Maka demi kelancaran flashing, kalian harus memastikan kualitas kabel USB yang digunakan baik dan tidak sekedar terhubung komputer.
  • Daya Baterai Kurang dari 50% juga bisa menyebabkan proses flash gagal. Jadi pastikan kalian mencarger batterai smartphone kalian terlebih dahulu sebelum melakukan flashing.
  • Driver tidak atau belum terinstall ( bila melakukan flashing melalui PC ). Hal ini sangat vital, karena dengan menghiraukan yang satu ini sudah dipastikan proses flash akan gagal.
  • Firmware yang kalian download tidak compatible denga smartphone atau memang datanya sudah korup saat proses download berlangsung.

Beberapa hal diatas harus terpenuhi serta langkah – langkah flashing dilakukan sudah benar maka flashing yang kalian lakukan akan berbuah keberhasilan. Untuk lebih jelasnya tentang langkahnya, bisa langsung kalian simaka pada lanjutan artikel dibawah ini.

Flash Asus Zenfone 5

Untuk melakukan flashing, terlebih dahulu kalian harus menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing diluar dari penjelasan sebelumnya. Sebagaimana yang juga telah saya sebutkan diawal, bahwa flashing bisa diartikan dengan install ulang. Seperti halnya saat melakukan install ulang pada PC kita butuh windows sebagai sistem operasinya. Dimana untuk tutorial yang saya berikan adalah cara flashing dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan Asus Flash Tools.

Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Upgrade / Downgrade serta Backup / Restore, sehingga tentunya juga akan memudahkan penggunanya. Adapun untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Terlebih dahulu jangan lupa untuk memenuhi syarat – syarat diatas dan kemudian persiapkan bahan – bahan yang diperlukan.
  • Pertama download tools flashingnya yaitu Asus Flash Tools. Untuk mendownloadnya kalian bisa langsung masuk melalui link berikut ini https://www.teamandroid.com/2017/06/27/download-asus-zenfone-flash-tool/ .
  • Pada website tersebut telah tersedia tools flashing yang kalian butuhkan dari versi awal hingga yang terbaru, seperti yang bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 1
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 1
  • Berikutnya yang perlu kalian persiapkan, yaitu firmware sebagai sistem operasinya serta driver Asus. Untuk dua hal tadi saya akan merekomendasikan website resminya untuk mendownload filenya. Berikut ini link yang akan langsung membawa kalian masuk ke website resmi Asus https://www.asus.com/Phone/ZenFone_5_A502CG/HelpDesk_Download/ .
  • Silahkan kalian perhatikan gambar berikut ini.
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 2
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 2
  • Sebagaimana gambar diatas, kalian bisa melihat bahwa pada website resmi dari asus ini sudah menyediakan dua hal yang kalian butuhkan sebelumnya. Dimana disana telah tersedia pula berbagai versi Firmware, driver serta tools lain yang bisa kalian inginkan sesuai kebutuhan dengan hanya menentukan tipe Smartphone saja.
  • Selanjutnya setelah kalian selesai mendownloadnya, install tools flashing dan drivernya pada PC atau laptop kalian. Untuk driver pastikan sudah benar – benar terinstal dengan mengeceknya pada “Device Manager” .
  • Lalu untuk firmware-nya ektrak kemudian simpan secara terpisah pada penyimpanan PC atau laptop kalian agar nantinya memudahkan proses flashing.
  • Langkah berikutnya matikan smartphone kalian lalu masuk menu fastboot Asus dengan menekan kombinasi tombol “Power + Volume Down” pada smartphone kalian.
  • Kemudian buka aplikasi asus flashtool, maka akan Nampak tampilan seperti berikut.
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 3
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 3
  • Berikutnya hubungkan smartphone yang sudah masuk ke menu Fastboot tadi ke PC atau laptop dengan kabel USB.
  • Setelah smartphone Berhasil terhubung, maka secara otomatis smartphone asus zenfone 5 kalian terdeteksi, seperti pada gambar di bawah ini.
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 4
Flash Asus Zenfone 5 Dengan Asus Flash Tool Step 4
  • Kemudian pilih browser untuk memasukkan firmware yang sudah kaliana ekstrak sebelumnya.
  • Pada gambar diatas terdapat area yang terseleksi dengan kotak tebal merupakan firmware yang sudah siap digunakan untuk flashing.
  • Selain itu, di sebelah pojok kiri bawah terdapat area yang terseleksi dengan kotak tipis merupakan peringatan bahwa Daya smartphone lemah dan perlu di charge. Itulah mengapa saya sebutkan di awal bahwa daya smartphone harus terisi penuh biar aman.
  • Untuk langkah terakhir, cukup klik start dan tunggu hingga flashing pada Asus Zenfone 5 kalian selesai.

Note :

Pada awal pembahasan saya menyebutkan bahwa kita membutuhkan CWM untuk melakukan Backup dan Restore. Apabila kalian melakukan flashing secara langsung dari Smartphone itu sendiri. Namun karena pada tutorial ini, saya mengulasnya dengan media PC maka CWM sudah tergantikan dengan pengguanaan aplikasi Asus Flash Tools tadi. Untuk tingkat keberhasilan tergantung langkah yang dilakukan pembaca sekalian sudah benar atau belum. Jadi silahkan mencoba dan semoga berhasil.
Baca Juga Tips n Trik Android atau Smartphone

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Flash Asus Zenfone 5 ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian daan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *