Cara Cepat Flash Vivo Y15

Cara Cepat Flash Vivo Y15

Cara Flash Hp Vivo Y15 – Vivo sebagai salah satu Brand baru dari Smartphone cukup memberikan gebrakan pada para pendahulunya. Mengingat usia kemunculannya yang masih muda, namun sudah mampu menjangkau area pasar yang cukup luas di Indonesia. Meskipun kompetitornya tidaklah sedikit, namun brand ini berani memberikan persaingan sehat dalam berbagai hal untuk menguasai pasar smartphone Indonesia. Brand satu ini hadir dengan keunggulan spesifikasi dari tiap produknya namun dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Vivo ini.

Melihat pernyataan diatas, sehingga tidaklah aneh bila dari sekian banyak produknya yang laku terjual terdapat kecacatan. Apalagi bagi pembaca sekalian yang merupakan pengguna Vivo Y15. Tipe Vivo yang satu ini sering dikeluhkan oleh penggunanya dengan masalah yang sama yaitu bootloop, mati total, terinfeksi virus ataupun permasalahan software lain pada Vivo tipe ini. Bootloop sendiri didefinisikan sebagai kerusakan pada suatu software sehingga menyebabkan perangkat atau smartphone tidak mau booting ke sistem atau lebih dikenal dengan istilah gagal booting.

Namun bila tidak terjadi Bootloop pada smartohone, melainkan ponsel kalian sering kali menampilkan peringatan – peringatan seperti “Aplication Has Stopped” maka ini adalah gejala masuknya virus pada ponsel kalian. Hal ini pun tentunya juga akan menganggu kinerja ponsel kalian seperti lemot, sering restart sendiri, dsb. Sehingga solusi terbaik untuk pembaca sekalian bila mengalami hal yang demikian ini adalah dengan melakukan flashing. Dimana untuk tutorialnya, akan saya ulas pada artikel kali ini.

Tutorial Flash Vivo Y15

Flashing diartikan sebagai install ulang sistem operasi pada android guna memperbaiki permasalahan software pada sistem. Dimana untuk melakukan flashing tentunya ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu. Ada tiga hal penting yang perlu kalian persiapkan untuk keberhasilan proses flashing ini. Tiga hal tersebut yaitu sebagai berikut :

Firmware Vivo Y15

Tutorial yang akan saya bagikan ini adalah dengan menggunakan PC atau Laptop. Sehingga kalian perlu menyiapkan PC serta kabel USB untuk persiapan awal. Kemudian firmware sendiri bisa dibilang juga dengan Operation System ( sistem operasi ) pada android. Dimana saat PC tanpa adanya sistem operasi maka tidak dapat dioperasikan, maka sama halnya dengan android. Maka dari itu proses flashing membutuhkan firmware agar bisa berhasil. Untuk mendapatkan filenya kalian bisa mendownloadnya Mbah Google. Seperti pada gambar dibawah ini.

Firmware Vivo Y15

SP Flashtool

Berikutnya adalah aplikasi yang akan membantu dalam proses flashing yaitu SP Flash Tools. Software bisa dibilang sebagai pelaku dari proses flashing yang akan kita lakukan. Untuk mendapatkan filenya silahkan pembaca sekalian download file-nya di mbah Google. Usahakan juga untuk mencari website yang menyediakan berbagai macam tipe SP Flashtool yang bisa kalian sesuaikan dengan OS PC yang kalian gunakan, seperti contoh gambar berikut ini.

Flashtool

Mediatek USB Driver

Terakhir adalah aplikasi yang berfungsi sebagai detektor tipe ponsel Vivo kalian pada PC yaitu driver USB. Aplikasi driver ini khusus digunakan pada aplikasi flashtool diatas,agar aplikasi tersebut bisa mendeteksi secara detail tipe ponsel Vivo kalian. Download USB Driver yang sesuai dengan spesifikasi pada PC kalian.

Mediatek USB Driver

Langkah Flash Vivo Y15

Selanjutnya setelah selesai mendownload 3 file diatas, kita lanjut pada langkah – langkah flashingnya. Untuk seperti apa langkahnya silahkan kalian simak dibawah ini :

  • Pertama lakukan ekstrak semua file tersebut.
  • Lalu jalankan aplikasi SP Flashtool nya dan masukkan firmware yang sebelumnya telah kalian download dengan cara klik “Choose”pada tab Scatter Loading File. Seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Langkah Flash Vivo Y15 Step 1

  • Kemudian cari file firmware nya dan pilih Open, seperti tampilan gambar dibawah ini.

Langkah Flash Vivo Y15 Step 2

  • Kemudian akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini.

Langkah Flash Vivo Y15 Step 3

  • Selanjutnya hilangkan centang pada baris PRELOADER dan klik “Download” seperti pada gambar diatas. Lalu sambungkan ponsel pada PC melalui Kabel USB untuk melanjutkan proses flashing. Pada step ini pastikan pemasangan Kabel USB sudah benar agar proses flashing bisa berjalan.
  • Bila proses flashing berhasil dilakukan maka akan keluar tampilan OK yang berarti flashing berhasil.
  • Berikutnya, tutup aplikasi SP Flashtoolnya dan lepas sambungan USB lalu hidupkan kembali ponsel kalian.
  • Terakhir, setelah flashing tadi saat proses booting akan berlangsung beberapa menit untuk adaptasi ROM baru.
  • Kalian cukup meunggunya hingga booting selesai dan flashing Vivo Y15 kalian sudah berhasil.

Note :

Untuk tutorial ini, silahkan kalian lakukan dengan tetap membaca tutorial agar tidak terjadi kesalahan pada proses flashingnya. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.
Baca Juga Tips n Trik Android atau Smartphone

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Flash Y15 ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian dan saya ucapkan terima kasih.

Incoming search terms:

  • usb driver vivo y15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *