Cara atau Tutorial Lengkap Menggunakan TeamViewer

Cara Menggunakan TeamViewer

Cara Menggunakan Team Viewer – Pembahasan pada artikel kali ini adalah memperbincangkan tentang sebuah software yang ditemukan oleh suatu perusahaan di pada tahun 2005. Pada awal kemunculannya software ini pertama diperkenalkan di Australia dan USA. Namun untuk penggunaannya, software yang satu ini mulai meledak di tahun 2010 hingga sekarang. Mengingat fungsi atau fitur yang dimilikinya software ini sangat dimiati oleh hampir setiap pengguna PC di dunia. Khususnya bagi pembaca sekalian yang sering melakukan sharing data antar PC ataupun melakukan monitoring suatu dari jarak jauh, maka software ini adalah solusi yang sangat tepat.

Bagi kalangan karyawan dari beberapa perusahaan besar tidak asing dengan penggunaan aplikasi ini. Karena dengan penggunaan aplikasi ini, kita mampu menghilangkan batasan sebuah jaringan kabel yang biasasanya diperlukan untuk melakukan transfer data antar PC. Selain itu software ini juga bisa dioperasikan dari hampir semua jenis OS baik itu windows, Mac OS, Linux bahkan android maupun iOS. Namun bagi pembaca sekalian yang masih awam tentang penggunaan PC tentunya akan kesulitan tentang cara penggunaan dari software in. Maka dari itulah pada bahasan artikel ini saya akan mencoba  untuk mengulas tentang bagaimana Cara Menggunakan TeamViewer ini.

Apa Itu TeamViewer

TeamViewer sendiri didefinisikan sebagai aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk bisa terkoneksi dengan komputer serta server dimanapun dengan bermodalkan jaringan internet. Dimana dengan software ini, kalian bisa melakukan transfer berkas, control komputer lain, presentasi secara online dari jarak jauh. Sederhananya TeamViewer ini diartikan sebagai aplikasi komunikasi jarak jauh dengan menghubungkan komputer satu dan komputer lain melalui jaringan internet.

Kegunaan TeamViewer

Software ini dikatakan sebagai aplikasi penghubung antar komputer jarak jauh karena memiliki beberapa fitur sebagai berikut.

Remote control

Fitur ini adalah fitur yang membuat kalian bisa mengendalikan atau mengontrol komputer lain dari jarak jauh dengan syarat kalian harus tahu ID dan password dari TeamViewer komputer yang hendak di control tersebut. Dimana control disini berarti kalian bisa menjalankan computer target secara leluasa seperti halnya menggunakan computer pribadi.

File transfer

Fitur ini adalah fitur yang berfungsi sebagai client dan server. Dimana computer kalian berperan sebagai server dan computer  lain berperan sebagai client. Cara koneksinya pun sama dengan fitur diatas. Sementara untuk mentransfer filenya, juga sangat sederhana yaitu dengan dengan menggunakan fungsi drag n drop pada mouse baik itu dari client ke server ataupun sebaliknya. Sehingga orang awam atau pemula dalam hal PC pun tidak akan kesulitan untuk melakukannya.

Meeting atau Presentasi Online

Fitur ini adalah fitur yang membuat kalian bisa melakukan meeting atau presentasi hingga 20 PC. Dimana dengan fitur ini kalian sebagai pembuka meeting atau presentasi akan nampak seperti halnya sebuah proyektor yang ditonton dari computer – computer lain yang bisa dibilang berperan sebagai audience. Sederhanya adalah kalian berperan sebagai penyedia akses pertemuan sementara computer lain berperan sebagai anggota pertemuan tersebut yang bisa bergabung dengan syarat memasukkan ID dari TeamViewernya masing – masing.

Langkah – Langkah Penggunaan TeamViewer

Setelah kalian memahami defines dari teamviewer serta fitur – fitur didalamnya, maka sekarang waktunya untuk beralih pada langkah penggunaannya. Adapun untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut.

  • Pertama download dan install aplikasi atau softwarenya.
  • Untuk melakukan pengunduhan atau download file nya kalian bisa masuk langsung pada website resmi dari penyedia software ini.
  • Setelah masuk pada halaman diatas kalian cukup menekan “Download For Free”, seperti gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 1

  • Kemudian untuk instalasi ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat proses instalasinya.
  • Saat awal proses lakukan dengan instalasi “Run As Administrator”. Dengan klik kanan pada file teamviewer yang akan di install, seperti pada gambar.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 2

  • Lalu saat session instalasi seperti pada gambar dibawah ini, lakukan sebagaimana contoh di gambar.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 3

  • Selanjutnya setelah proses instalasi selesai jalankan softwarenya. Dimana untuk halaman awal aplikasi atau softwarenya akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 4

  • Pada gambar diatas terdapat 2 area yang terseleksi. Dimana untuk area lingkaran adalah fitur – fitur yang disediakan oleh software ini. Sementara untuk area kota adalah ID dan Passsword TeamViewernya. Lalu “Connect” yang saya beri tanda panah merah kebawah adalah tombol finishing bila hendak melakukan penghubungan antar computer.
  • Untuk proses koneksinya, kalian cukup memasukkan ID TeamViewer target pada kolom kosong yang ada di sebelah kanan, seperti pada gambar.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 5

  • Kemudian masukkan ID dan pilih Connect kemudian kalian akan diminta untuk memasukkan password baru kalian bisa terhubung ke computer target.
  • Berikut ini adalah contoh penguhubungan antara PC dengan Android.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 6

  • Hanya saja untuk koneksi PC dengan android Cuma terbatas pada control layar tanpa bisa control. Seperti kalian bisa lihat pada contoh foto berikut ini.

Cara Menggunakan TeamViewer Step 7

  • Berbeda untuk penghubungan PC dengan PC kalian bisa melakukan control yang maksimal.

Note :

Untuk fitur – fitur lain cara pengkoneksiannya tidak jauh berbeda sehingga kalian cukuponenyesuaikannya saja untuk tiap penggunaan fiturnya.

Demikianlah artikel yang membahasa tentang Cara Menggunakan TeamViewer ini. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *