Cara Ampuh untuk Membersihkan Virus Pada Laptop

Cara Membersihkan Virus Pada Laptop

Cara Menghilangkan Virus Laptop – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membasmi virus pada laptop atau PC, namun sebelum itu sedikit akan saya ulas tentang penjelasan Virus. Dimana dalam penggunaan PC, Virus bisa didefinisikan sebagai program yang dirancang secara khusus dengan tujuan mengganggu atau merusak sebuah sistem komputer yang bisa menginfeksi atau menular pada komputer lain. Penyebaran virus bisa diakibatkan dari aktivitas yang kita lakukan saat menggunakan laptop atau komputer, baik itu transfer data, browsing, download, instalasi aplikasi, dan masih banyak lagi.

Cara Membersihkan Virus Pada Laptop step 1

Laptop atau komputer yang terserang virus, biasanya memiliki kesamaan dalam hal gejala tergantung jenis virus yang masuk. Namun untuk jenis virus yang sering menginfeksi sistem komputer pada umumnya adalah mengakibatkan hal – hal sebagai berikut :

  • Laptop sering kali hang dan restart sendiri.
  • Booting windows lama atau bisa juga gagal booting
  • Data yang ekternal dari Flashdisk, HDD Eksternal, atau Memory Card menjadi hidden sehingga seakan seperti hilang.
  • Sebuah dokumen atau programs yang tidak bisa diakses, dll.

Tutorial Menghilangkan Virus Laptop

Pada umumnya atau bisa dibilang bahwa satu – satunya cara yang diketahui untuk membasmi virus adalah menggunakan antivirus. Untuk pengguna yang awam mungkin berfikir demikian, namun pada dasarnya menghilangkan sebuah aplikasi dengan menggunakan aplikasi adalah suatu penyederhanaan dari cara dasarnya. Sebagaimana yang kita tahu tentang sejarah dari Operasi Sistem yang awalnya hanya bermula dari Command Prompt hingga sekarang berupa windows, dsb. Begitu pula dengan cara menghilangkan virus pada sistem Komputer. Maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan membagikan 2 buah alternatif untuk mengatasi Laptop atau komputer kalian yang terjangkit virus. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak lanjutan artikelnya dibawah ini.

Cara Membersihkan Virus Pada Laptop step 2

Langkah Menghilangkan Virus Dengan Software

Software yang dimaksud disini tentunya adalah software antivirus. Dimana untuk laptop baru biasanya antivirus ini sudah diintals dari pabrikannya. Berikut adalah daftar software antivirus yang saya rekomendasikan untuk pembaca sekalian, : Avast, AVIRA, AVG, Kaspersky, dan terakhir Smadav. Masih banyak apliksai atau software antivirus lainnya yang boleh kalian coba install pada laptop kalian, hanya untuk beberapa antivirus yang sudah saya sebutkan sebelumnya adalah antivirus dengan jutaan pengguna. Sehingga daftar software tersebut terbukti aman untuk digunakan.

Cara Membersihkan Virus Pada Laptop step 3

Kemudian untuk langkah – langkah penanganan virus dengan bantuan software antivirus terdapat 4 langkah. Dimana untuk 4 langkah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pertama tentu saja, kalian harus mendownload software Antivirusnya. Dalam hal ini saya sarankan agar kalian memilih antivirus yang sudah banyak digunakan serta mudah penggunaanya.
  • Setelahnya adalah lakukan instalasi pada software antivirus tersebut. Untuk cara meng-instalnya kalian cukup mengikuti petunjuk penginstalan yang ada.
  • Selanjutnya setelah antivirus sudah terinstal, maka lakukan scanning secara total pada laptop atau komputer kalian.
  • Lalu untuk langkah terakhir adalah dengan melakukan Restart pada Laptop atau Komputer kalian, maka proses pembasmian virus pada laptop sudah selesai dilakukan.

Langkah Membersihkan Virus Tanpa Software

Selanjutnya adalah membasmi virus tanpa menggunakan software, sehingga bisa dibilang adalah cara manualnya. Karena tanpa menggunakan bantuan software aplikasi dalam hal ini tentunya untuk prosesnya akan sedikit rumit. Dimana untuk sub bahasan ini, saya akan membagikan langkah secara garis besarnya yang bisa kalian pergunakan.

Cara Membersihkan Virus Pada Laptop step 4

Adapun untuk langkah – langkah dari tutorial untuk menghilangkan virus di laptop secara manual yaitu sebagai berikut :

  • Pertama, matikan fitur autorun pada laptop atau komputer kalian. Dimana untuk mematikan atau menonatifkannya ada 2 cara yang bisa kalian gunakan, yaitu :
  1. Disable Autorun/Autoplay melalui registry
  2. Disable Autorun/Autoplay melalui Group Policy [GPEDIT.MCS]
  • Lakukan pengaturan untuk menampilkan file – file yang ter-Hidden tanpa terkecuali.
  • Berikutnya tampilkan ekstensi tiap – tiap file dengan menghilangkan centang pada menu “windows eksplore Folder Option – Hide Extensions for known file types”.
  • Kemudian tampilkan pula file – file sistem dengan menghilangkan centang pada menu “windows eksplorer Folder Option – Hide protected operating system files”.
  • Untuk langkah selanjutnya yaitu matikan laptop atau komputer kalian kemudian masuk ke “Safe Mode” untuk melakukan pencarian file yang teridentifikasi sebagai virus.
  • Lakukan pencarian semua file pada kolom pencarian windows eksplorer dengan ekstensi *.exe, *.bat, dan *.vbs ( Ekstensi tersebut adalah yang umumnya merupakan ekstensi dari virus).
  • Terakhir eksesusi file – file yang sudah terbukti merupakan virus dengan Delete Permanent [Shift+Delete].

Catatan :

Kedua cara yang telah saya bagikan diatas tidak bisa menjamin bahwa laptop atau komputer kalian akan bersih dari virus. Karena kerusakan pada sistem komputer yang diakibatkan oleh virus itu ada yang memang bisa terselesaikan dengan hanya membersihkan virusnya. Namun ada pula jenis kerusakan yang sudah sulit untuk ditangani. Sehingga bila kalian sudah mengalami hal tersebut, maka jalan terakhir adalah dengan melakukan install ulang laptop atau komputer kalian.
Baca Juga Tips n Trik Seputar Komputer atau Laptop

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Membersihkan Virus Pada Laptop ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian dan selamat mencoba. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *