Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Cara Mengembalikan File Terhapus

Cara Kembalikan File Terhapus – Kembali lagi pada pembahasan mengenai file. Dimana file sendiri bisa berupa banyak hal; seperti gambar, video, lagu, berkas atau dokumen, software, dsb. Namun sifat dari suatu tidaklah lebih dari 2 yaitu bersifat penting dan tidak penting. Oleh karena itu bila dari pembaca sekalian pernah menghapus file penting secara tidak sengaja tentunya akan sangat membutuhkan tutorial ini. Meskipun tidak demikian kasusnya, seperti ketika file yang telah lama kita hapus ternyata kita butuhkan kembali. Dan masih banyak faktor lain tentunya yang mendorong kebanyakan pengguna PC untuk mengembalikan file yang telah terhapus.

Berdasarkan cara menghapusnya, file terhapus itu bisa kita bedakan menjadi 2 macam. Yaitu file yang terhapus dan file yang terhapus secara permanen. Sehingga pada pembahasan artikel ini, saya akan membagikan 2 tutorial untuk mengembalikan file terhapus. Baik itu yang terhapus secara permanen ataupun tidak. Dimana pembasan tersebut akan saya jelaskan secara jelas dan terpisah pada lanjutan artikel berikut ini.

Langkah Mengembalikan File Terhapus Di Laptop

Seperti yang telah saya sebutkan d awal bahwa ada 2 tutorial yang akan saya ulas karena jenis file terhapus juga ada 2. Sementara penjelasan untuk jenis file itu sendiri berdasarkan cara menghapus file nya. Sebagai contoh saat kalian menghapus file dengan hanya menekan tombol “Delete” maka file tersebut akan terhapus dan tersimpan pada “Recycle Bin”. Sedangkan untuk file yang terhapus secara permanen adalah file yang dihapus dengan cara menekan tombol “Shift+Delete” maka file file akan terhapus secara permanen dan tidak tersimpan di “Recycle Bin”. Begitulah penjelasan singkat untuk soal permanen dan tidaknya. Sementara untuk penjelasan atau tutorial yang lebih mendetailnya yaitu sebagai berikut.

Cara Mengembalikan File Terhapus Biasa

Sebagaimana judul sub bahasannya, maka pembahasan awal adalah untuk file yang terhapus tidak secara permanen. Dalam artian dihapus hanya dengan menekan tombol delete saja. Dimana untuk mengembalikan file yang terhapus yang demikian ini bisa dibilang sangat mudah dan tidak ribet. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa file yang dihapus tidak permanen akan tersimpan di Recycle Bin, sehingga kalian cukup masuk ke recycle bin dan me-restore file nya maka file sudah kembali ke folder asalnya. Untuk lebih jelas tentang langkahnya silahkan disimak lanjutannya berikut ini :

  • Pertama masuk ke recycle binnya. Bisa lewat mana saja yang mudah bagi kalian. Sebagai contoh disini saya membuka recycle bin desktop icon tinggal klik 2x atau klik kanan lalu “Open”.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 6

  • Kemudian kalian akan diarahkan pada explore recycle bin, dimana disana terdapat file – file yang sudah terhapus seperti ditujunkan pada gambar berikut ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 7

  • Kemudian untuk mengembalikan file yang sudah terhapus tersebut, tidak perlu repot dan susah.
  • Cukup dengan klik kanan kemudian pilih ”Restore” maka secara otomatis file yang terhapus tadi akan kembali pada folder asalnya.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 8

Sekali lagi saya ingatkan bahwa tutorial diatas adalah untuk file yang terhapus tidak secara permanen. Karena untuk file yang dihapus secara permanen tidak akan berada di explore recycle bin. Sehingga perlu cara yang lebih bermodal untuk bisa melakukannya seperti yang akan saya ulas dibawah ini.

Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen

Selanjutnya adalah tutorial mengembalikan file yang terhapus secara permanen. Untuk  cara ini, kalian harus menyediakan aplikasi atau software sebagai media bantunya. Sebagai bahan rekomendasi, disini saya merekomendasikan aplikasi “EuseUs Data Recovery”. Aplikasi ini tergolong sangat mudah dalam hal penggunaan serta dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Selain itu, pada langkah – langkah yang akan saya ulas berikutnya sudah saya cantumkan website penyedia dari aplikasi ini. Sehingga pembaca sekalian bisa langsung mendownloadnya. Adapun untuk langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :

  • Pertama download aplikasinya melalui Website resmi dari penyedia software ini.
  • Pilih “Free Download” untuk versi yang gratis.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 1

  • Tunggu hingga proses download selesai lalu install aplikasinya.
  • Buka aplikasinya dan kalian akan diarahkan pada tampilan awal aplikasinya.
  • Silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 2

  • Sebagaimana gambar diatas terlihat ada dua langkah yang akan kalian lakukan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen.
  • Langkah pertama yaitu memilih jenis file terhapus yang hendak dicari.
  • Langkah kedua yaitu memilih drive tempat file sebelumnya disimpan.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 3

  • Berikutnya pilih “Scan” untuk memulai proses pencarian file – file yang telah terhapus pada drive yang sudah kalian pilih sebelumnya.
  • Kemudian tunggu hingga proses scan selesai atau hingga file terhapus yang hendak kalian kembalikan sudah ditemukan dengan klik pause.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 4

  • Untuk mengembalikan filenya, centang folder filenya dan pilih “Recover” seperti terlihat pada gambar berikut.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Step 5

  • Terakhir, tinggal menentukan folder penyimpanan file yang hendak kalian recover tadi dan lalu tunggu hingga proses recover-nya selesai.

Note :

Untuk penggunaan aplikasinya saya rekomendasikan gunakan versi pronya. Agar mendapatkan fitur yang lengkap dari aplikasi EaseUs Data Recovery. Namun jika file terhapus yang hendak kalian kembalikan masih belum lama terhapus, maka versi gratis sudah mumpuni untuk mengembalikan file terhapus tersebut.
Baca Juga Tips n Trik Seputar Komputer atau Laptop

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Mengembalikan File Yang Terahapus Di Laptop ini. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian dan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *