Berantas Tuntas Android Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Android

Cara Mempercepat Android – Masih pada bahasan tentang tips dan trik android. Dimana untuk bahasan kali kita akan mencoba untuk membagikan solusi untuk menangani android yang lemot. Android lemot atau lemah otak adalah istilah yang mengarah pada kinerja proses android yang lama respon bahkan terkadang hingga error dan hang. Hal sering kita jumpai untuk masalah android dengan kapasitas ram yang kecil namun digunakan secara maksimal sehingga mempengaruhi kerja chipsetnya dan membuatnya jadi lemot atau lemah otak. Bila disederhanakan lagi, masalah utama penyebab lemot ini sebenarnya adalah karena penggunaan yang berlebihan.

Untuk mengatasi hal ini biasanya para pengguna android melakukan uninstall aplikasi serta pengurangan file – file pribadi ayang ada pada penyimpanan androidnya. Namun cara ini tidak maksimal sebagaimana yang sama – sama sudah kita tahu. Sehingga melalui Bahasan artikel kali ini akan kita ulas tentang cara ampuh untuk mempercepat android. Lebih jelasnya silahkan simak langsung lanjutan artikelnya berikut ini.

Cara Untuk Mempercepat Kinerja Android

Untuk cara yang akan kita bagikan ini, merupakan cara yang sudah terseleksi dari berbagai macam cara yang ada di internet dan kita pilah sehingga merupakan terbaik dari yang terbaik. Ada total tujuh cara yang bisa kalian pergunakan untuk memberantas penyakit lemot yang menjangkit android kalian. Berikut ini cara – cara untuk mempercepat kinerja android.

 

Update OS Android

Cara ini adalah cara yang merupakan bawaan sistem dari android. Sistem android pada umumnya menyediakn pembaruhan OS berdasarkan periode tertentu. Dimana dengan melakukan update ini, kalin bisa menambah kecepatan akses android kalian. Caranya sangat sederhana hanya dengan :

Masuk menu Setting > About Device > Software Update > Tap pilihan Check for updates

Update OS Android

Bersihkan Home Screen

Homescreen yang dimaksudkan disini adalah shortcut. Fitur ini sering memenuhi home screen sehingga membebani kinerja dari sistem android. Sehingga kalian perlu melakukan pembersihan terhadap shortcut yang sifatnya mengganggu ini.

Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Cara berikutnya adalah dengan menguninstal aplikasi yang memang jarang terpakai atau sudah tidak terpakai. Karena meskipun untuk aplikasi yang tidak digunakan, sistem tetap melakukan kinerja terhadap aplikasi tersebut. Jadi tidak berfaedah sehingga lebih baik di uninstall saja. Caranya juga sederhana, dengan cara :

Masuk ke menu Setting > Setelan Aplikasi > Aplikasi Terinstal > lalu tinggal pilih aplikasi yang akan di Unisntall

Nonaktifkan Animasi

Dengan mematikan fitur ini, kalian bisa menghemat daya baterai sekaligus mengurangi beban kerja sistem android. Solusi terbaik, cukup gunakan wallpaper biasa dengan tanpa animasi apapun.

Bersihkan Cache Aplikasi

Membersihkan cache aplikasi terutama pada aplikasi browser yang tentunya sudah sangat menumpuk dan membebani kinerja sistem android kalian. Caranya sama dengan cara uninstall aplikasinya, setelah memilih aplikasi nya pilih hapus cache. Lakukan hal yang sama pada aplikasi – aplikasi lain dan buktikan hasilnya.

Matikan Auto-Sync

Matikan fitur ini untuk mengurangi beban kinerja sistem, Karena proses sinkronisasi ini berjalanan secara otomatis ketika ketika menggunakan android. Sementara untuk caranya, tentunya terleak di menu setting dan mnyesuaikan android yang kalian gunakan.

Factory Reset Android

Factory Reset

Cara terakhir sekaligus cara paling ekstream bila android sudah tidak bisa tertolong mengunakan cara – cara diatas, maka jalan satu – satunya adalah dengan menggunakan cara ini. Namun sebelum melakukan factory reset usahakan untuk melakukan back up data – data penting terlebih dahulu. Untuk caranya menyesuaikan sistem android masing – masing.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara mempercepat android ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *