Bagaimana Cara Mudah Melakukan Reset HP Xiaomi

Cara Reset Xiaomi

Cara Mudah Reset Xiaomi – Mengacu pada perkembangan media telekomunikasi saat ini, smartphone menduduki peringkat teratas dari berbagai macam teknologi komunikasi yang ada. Berbagai macam brand atau merk sudah banyak masuk pula di negara Indonesia dari IPhone, Samsung, Sony, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan masih banyak lagi. Dimana pemegang merk – merk tersebut sangat berkompetensi untuk mendapatkan peminatnya di negara ini. Mengingat karakteristik dari masyarakat di Indonesia yang konsumtif khususnya untuk harga yang terjangkau, seperti merk Xiaomi yang akan sedikit saya ulas tentang salah satu fiturnya yaitu reset.

Pada artikel kali ini saya membahas tentang cara reset pada hp Xiaomi. Dimana reset sendiri sebenarnya adalah salah satu fitur yang merupakan fitur bawaan pada tiap smartphone saat ini. Reset biasanya dilakukan karena smartphone sudah banyak mengalami masalah pada sistemnya. Umumnya ketika usia smartphone sudah agak lama dipakai dan mulai bermunculan berbagai macam masalah, sehingga bisa saya katakana disini bahwa reset ini sebenarnya tidaklah asing bagi para pengguna smartphone atau android. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa dari banyak penggunanya ada beberapa yang tidak mengetahui cara untuk melakukan reset. Sehingga pada ulasan artikel ini saya menjabarkannya dengan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca sekalian.

Langkah Reset Pada HP Xiaomi

Ada 2 istilah umum yang sudah cukup dikenal oleh sebagian pengguna smartphone berkenaan dengan kata reset yaitu Hard Reset dan Factory Reset. Kedua macam reset tersebut sebenarnya pada intinya adalah sama yaitu bertujuan untuk mengembalikan kondisi pabrik pada ponsel dengan menjadikannya seperti Hp baru. Sehingga dengan melakukan Reset maka akan mengembalikan posisi awal ponsel baik itu pengaturan, aplikasi bahkan file yang tersimpan sekalipun. Hanya saja perbedaan dari kedua reset tadi adalah pada langkah yang perlu dilakukan.

Sebelum masuk pada pembahasan tentang 2 reset diatas, saya menambahkan sedikit tentang reset. Selain reset – reset tersebut ada menu reset pada Xiaomi yang tidak mengharuskan kita untuk menghapus semua isi file yang ada pada ponsel kita, namun hanya mengembalikan pengaturan – pengaturan yang telah kita ubah sebelumnya. Berikut adalah sekedar tambahan sehingga tidak saya bahas lebih jauh. Kemudian kembali pada hard reset dan factory reset, yang mana untuk lebih jelas tentang tutorialnya silahkan disimak pada lanjutan artikelnya sebagai berikut.

Cara Hard Reset Xiaomi

Untuk melakukan reset jenis ini adalah dengan syarat kalian harus masuk ke recovery mode terlebih dahulu. Cara ini bukanlah cara yang dianjurkan dari pabrikasi Xiaomi dan bisa dibilang agak menyalahi aturan penggunaan sehingga disebut dengan istilah Hard reset. Meskipun demikian, hard reset sendiri tidaklah berbahaya bagi smartphone kalian sehingga kalian tak perlu ragu untuk mencobanya. Adpun untuk langkah – langkahnya yiatu sebagi berikut.

Langkah Pertama, matikan smartphone kalian kemudian dalam keadaan mati hidupkan kembali hp kalian dengan menekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Up (+) hingga keluar tampilan sebagaimana tertera pada gambar dibawah ini.

Cara Reset Xiaomi Step 1

Langkah selanjutnya yaitu pilih recovery mode seperti pada gambar dan kemudian kalian akan diarahkan pada tampilan konfirmasi menu lain. Pada step ini klik pilihan yang berwarna biru maka kalian akan diarahkan langsung pada menu MI Recovery, seperti gambar dibawah ini.

Cara Reset Xiaomi Step 2

Berikutnya gunakan tombol volume untuk scrolling pilihan dan tombol power untuk esksekusinya. Pada pilihan tersebut klik Wipe data untuk melakukan hard reset. Kemudian kalian cukup petunjuk yang ada untuk melanjutkan proses resetnya, pada tahapan setelahnya sudah menggunakan Bahasa inggris sehingga lebih mudah untuk dilakukan.

Langkah singkatnya yaitu “Wipe Data – Wipe All Data – Confirm”. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai, lalu pilih “Back to Main Menu > Reboot > Reboot to System” untuk menghidupka ulang ponsel kalian. Setelah proses hard reset berhasil dilakukan, maka setelah proses restart tadi kalian akan diminta untuk mengatur beberapa pengaturan umum seperti bahasa, jaringan, tampilan, sebagaiman petunjuk yang ada.

Cara Factory Reset Xiaomi

Berikutnya adalah reset pabrik atau yang sering disebut factory reset. Untuk jenis reset ini adalah cara melakukan reset ponsel yang sesuai dengan buku petunjuk pemakaian milik pengguna yang merupakan arahan dari pabrikan Xiaomi sehingga reset jenis ini disebut dengan factory reset. Dimana untuk melakukannya kalian tidak perlu melakukan seperti cara yang sebelumnya melalui Recovery Mode. karena untuk cara ini kalian cukup masuk ke menu pengaturan kemudian setelan tambahan, maka kalian akan menemukan fitur reset didalamnya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa perhatikan tahapan – tahapannya yang sudah perjelas melalui beberapa gambar berikut ini.

Cara Reset Xiaomi Step 3 Cara Reset Xiaomi Step 4 Cara Reset Xiaomi Step 5 Cara Reset Xiaomi Step 6

Melalui gambar – gambar diatas, telah terdiskripsi dengan jelas tentang langkah untuk melakukan factory reset. Dimana setelah kalian sampai pada tahap ke 4 yaitu “Setel Ulang Telepon”, maka secara otomatis ponsel akan restart dan memulai proses reset. Pada step ini kalian cukup menunggunya hingga selesai. Kemudian seperti halnya cara sebelumnya yaitu untuk langkah terakhir adalah melakukan pengaturan umum seperti Bahasa, tampilan, jaringan, dll.

Catatan :

Berikut adalah du acara reset yang bisa saya bagikan kepada pembaca sekalian. Silahkan dibaca dengan seksama untuk membandingkan alternatif mana yang sesuai dengan pembaca sekalian.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Cara Melakukan Reset HP Xiaomi ini. Mudah – mudahan bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *