2 Cara Gampang Cek Tagihan BPJS

Cara Cek Tagihan BPJS

Untuk beberapa golongan masyarakat dimanapun itu pasti ada perbedaan status social, khususnya dalam kelas ekonomi. Dimana untuk kalangan masyarakat yang tergolong pendapatan perekonomiannya menengah ke bawah, maka suatu penyakit bisa dibilang merupakan sesuatu yang sangat berdampak negatif bagi kehidupannya. Baik itu pekerjaan atau penghasilannya. Apalagi bila penyakit tersebut mengharuskan untuk dirawat inap di Rumah Sakit. Untuk persoalan ini tentunya pemerintahan di negara kita Indonesia, telah memberikan penyelesaiannya yaitu dengan mengikuti program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Sehingga kini masalah yang tercuat pada awal paragraph tadi sudah bisa dikatakan hilang. Untuk melakukan registrasinya sudah cukup dipermudah, dimana kalian bisa langsung datang ke kantor BPJS ataupun secara Online. Selain itu, pembayaran tagihannya pun kita sebagai anggota juga sudah dipermudah. Kita bisa melakukan pembayaran tanpa harus ke kantor BPJS, kita bisa membayar melalui ATM, melalui toko Alafamart, Indomaret, dsb.

Begitu pula dengan cara mengetahui besar tagihan BPJS, kita tidak perlu mendatangi kantor BPJS lagi. Mengingat cara pembayaran yang sudah di permudah jadi tidak heran pula bila cara cek tagihannya juga di permudah. Maka dari itu dalam pembahasan artikel kali ini, saya akan mengulas tentang bagaimana cara mengecek tagihan BPJS. Disini saya melampirkan 2 tutorial, yang seperti biasa 2 cara tersebut sudah pilah – pilah. Dua tutorial berikut ini dapat dilakukan dengan cukup bermodal Handphone atau Android. Namun ke-2 cara ini intinya sama yaitu pada kartu BPJS kalian masing – masing. Baiklah langsung saja kita lanjutkan ke paragraph berikutnya.

Cara Mudah Cek Tagihan BPJS

Seperti yang sudah sebutkan barusan, bahwa saya akan mengulas 2 cara untuk mengetahui tagihan BPJS. Dimana kedua cara ini adalah langsung mengunjungi website resmi BPJS yakni secara Online dan dengan melalui SMS Gateway.

Cara Cek Tagihan BPJS Secara Online

Cara ini saya bilang cara yang paling sederhana. Kita cukup mengunjungi website resmi kemudian mengisi beberapa data dan bila sudah tinggal enter maka tagihan tersebut akan otomatis tampil. Namun untuk mendetailnya bisa dilihat langkah – langkah barikut ini :

  • Pertama, masuk ke website resminya bisa melalui link berikut https://www.bpjs-online.com/cek-tagihan-bpjs/
  • Kemudian scrool ke bawah, maka akan nampak sebuah kolom seperti pada gambar dibawah ini.

Cek Tagihan BPJS

  • Kemudian bisa kalian lihat pada kolom tersebut, bahwa kita diminta untuk memasukkan beberapa data diri ( No. Kartu BPJS, Tanggal Lahir dan No. Validasi).
  • Semua hal tersebut, sudah disertai pengarahan. Jadi kita tinggal mengikuti sesuai petunjuknya saja.
  • Setelah data – data tadi sudah terisi semuanya, langsung saja klik tombol “Cek” maka informasi mengenai BPJS kalian akan muncul secara lengkap. Baik itu Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis peserta, Jumlah anggota keluarga, dan Informasi tagihan.

Cara Cek Tagihan BPJS Lewat SMS Gateway

Untuk cara kedua ini agak ribetnya, meskipun pada hakikatnya kita hanya berkirim pesan pada pihak BPJS dengan tujuan menanyakan jumlah tagihan kita. SMS Gateway sendiri memiliki definisi yaitu sebuah layanan informasi dua arah dimana cara penyampainnya menggunakan media pesan singkat ( Short Message ) serta bisa diakses melalui nomer jaringan khusus tentunya. Selain itu, ternyata layanan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh anggota BPJS perorangan melainkan juga dapat digunakan oleh anggota BPJS badan usaha atau perusahaan. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama, masuk ke fitur berkirirm pesan pada Handphone kalian.
  • Kemudian tuliskan pesan dengan format : Tagihan####Nomer Kartu BPJS Kesehatan
  • Kemudian kirim pesan ke 08777-5500-400, maka kemudian kalian akan menerima balasan pesan berisi jumlah tagihan BPJS yang harus kalian bayarkan.

Untuk mengetahui tagihan BPJS melalui Layanan SMS Gateway adalah seperti yang sudah tertulis diatas. Cara ini saya bilang cukup karena kita perlu mengirimkan pesan dengan format khusus kemudian menunggunya sebuah balasan. Namun cara ini bisa dipermudah bila kalian mau menyimpan format pesannya. Sehingga pengecekan berikutnya menggunakan layanan ini kita tinggal kirim saja. Untuk layanan jenis ini, BPJS tidak hanya menyediakan untuk pengecekan jumlah tagihan saja. Ada pula fungsi lainnya seperti yang bisa kalian simak dibawah ini.

  • Untuk informasi data kepesertaan BPJS menggunakan nomor KTP, dengan format : NIK####Nomor KTP atau Nomor Kependudukan.
  • Untuk informasi data kepesertaan BPJS menggunakan nomor Kartu BPJS, dengan format : NOKA####Nomor Kartu BPJS Kesehatan.
  • Untuk informasi data kepesertaan BPJS menggunakan nomor NIP (Nomor Induk Pegawai), dengan format : NIP####Nomer Induk Pegawai.

Note :

Ada satu cara lagi yang belum saya ulas, yaitu melalui Mesin ATM. Cara saya ini saya bilang sangat ribet, karena kita harus mencari mesin ATM terlebih dahulu. Itupun tidak semua rekening bank dapat melakukannya, karena hanya Bank – bank yang telah bekerjasama dengan BPJS saja yang memperkenankan peserta BPJS untuk mengecek tagihan melalui Mesin ATM. Karena kekurangan barusanlah saya hanya mengulas 2 cara untuk mengecek tagihan BPJS. Namun 2 cara tersebut tidak akan mengcewakan. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikianlah pembahasan Artikel tentang bagaimana cara Cek Tagihan BPJS ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian dan saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *